Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita tak hanya sekadar menggerakkan tubuh, membuat kita berkeringat dan merasa kelelahan. Disini anda dapat melihat pengertian dan manfaat olahraga yang sangat berguna bagi tubuh, melemaskan otot-otot dan banyak sekali manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari aktivitas ini.

Terkadang kita memang harus meluangkan waktu khusus untuk melakukan olahraga. Atau bahkan kta harus memaksa diri kita untuk melakukan olahraga. Karena dengan kesibukan harian kita, sulit rasanya untuk meluangkan waktu berolahraga.

manfaat-olahraga

Yang perlu diingat melalui info menarik ini adalah bahwa kita harus melakukan olahrag secara teratur. Kalau memang memungkinkan lakukanlah olahraga setiap hari. Oalhraga yang hanya dilakukan sesekali saja atau sesenggang waktu kita tentu tak akan memberikan manfaat yang optimal dan maksimal.

Manfaat Olahraga

Meningkatkan daya tahan tubuh

Melakukan olahraga secara teratur bisa mempengaruhi beberapa hormon yang ada di dalam tubuh. Misalnya adrenalin atau serotonin, dimana kedua hormon ini termasuk hormon yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi bisa kita bayangkan, bila daya tahan tubuh kita meningkat, tentu tubuh pun akan terhindar dari berbagai penyakit ringan seperti flu atau batuk.

Patutlah untuk dipercaya bahwa melakukan olahraga secara teratur memang dapat menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit. Tubuh menjadi lebih kuat dan kebal karena meningkatnya daya tahan tubuh.

Meningkatkan kemampuan otak

Kegiatan olahraga mampu meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh, memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah ke otak. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan kinerja otak lebih baik. Manfaat olahraga yang satu ini tentu sangat membantu kita dalam belajar ataupun bekerja. Tidak hanya itu, kita akan menjadi lebih kreatif dan mampu meningkatkan konsentrasi otak.

Dengan meningkatnya kosentrasi otak tentu hal ini dapat meningkatkan kemampuan otak. Jangan heran jika kita telah melakukan olahraga secara teratur maka dalam melaksanakan aktivitas kerja kita lebih optimal. Kita jadi lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Hal ini sangatlah membantu kita.

Mengurangi stres

Olahraga terbukti cukup mampu mengurangi stres yang bisa kita alami kapan saja. Olahraga bisa meregangkan otot-otot, membuat tubuh dan otak kita akan terasa segar. Hal ini tentu dapat mengurangi stres yang kita alami.

Otot dan sel tubuh kita menjadi lebih rileks dan tak tegang lagi. Ketika stress hilang atau berkurang akan berimbas kepada semua hal yang kita lakukan sehari-hari. Kita jadi lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan rutinitas keseharian atau hanya menyelesaikan perkerjaan kita.

Jika dating masalah yang menumpuk dalam hidup kita, kita akan merasa lebih tenang dalam menghadapinya. Pikiran menjadi lebih rileks dan tak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan penyelesaian persoalan-persoalan tersebut.

Membakar lemak

Bagi Anda yang sedang ingin melakukan diet, manfaat olahraga yang satu ini bisa Anda buktikan sendiri. Olahraga adalah aktivitas yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh. Gerakan-gerakan tubuh saat berolahraga akan mampu membakar lemak dalam tubuh.

Untuk dapat membakar lemak, olahraga yang kita lakukan memang haruslah lebih lama dari biasanya. Karena untuk beberapa menit pertama, olahragayang kita lakukan akan membakar karbohidrat atau energi dalam tubuh kita. Dan beberapa menit selanjutnya, barulah olahraga akan mebakar lemak yang ada dalam tubuh kita.

Ada gerakan-gerakan olahraga tertentu yang dapat kita pilih jika ingin membakar lemak. Gerakan ini ditentukan berdasarkan bagian tubuh mana yang hendak kita baker timbunan lemaknya.

Jika kita ingin membakar lemak yang bertumpuk di perut kita maka lahraga yang dapat kita lakukan adalah melakukan sit up. Dengan sit up secara teratur maka timbunan lemak dalam perut akan berkurang.

Lain halnya jika kita ingin membakar lemak yang ada di lengan, kita bisa memilih olahraga jenis push up. Gerakan olahraga lainnya dapat kita pilih dan cocokan berdasarkan kebutuhan kita.

Meningkatkan energi tubuh

Bila kita membandingkan dua orang yang berbeda, orang pertama rutin berolahraga dan yang kedua tidak pernah olahraga, tentu sangat terlihat perbedaannya. Orang yang sering berolahraga akan memiliki stamina yang sangat bagus, mampu melakukan pekerjaan berat dan tidak mudah lemas. Sebaliknya, orang yang tidak pernah berolahraga, akan cepat lelah ketika bekerja.

Dengan olahraga secara teratur maka tubuh kita akan memperoleh suplai energi yang maksimal. Makanan sebagai sumber energi tubuh kita dapat dengan mudah dibakar oleh olahraga yang kita lakukan. Dengan itu kita mendapatkan energi yang maksimal untuk melewati hari-hari kita.

Metabolisme tubuh meningkat dan menurunkan resiko penyakit
Selain meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit yang bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, manfaat olahraga yang dapat kita peroleh adalah mampu meningkatkan kinerja metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Manfaat olahraga yang satu ini tentu sangat menguntungkan, kita akan terhindar dari resiko terkena penyakit seperti kanker usus, mampu menurunkan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi resiko penyakit hati, ginjal ataupun sembelit.

Orang-orang yang terkena penyakit memang disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Walau pun bentuk olahraga itu hanyalah sederhana saja seperti jalan-jalan kecil setiap paginya.

Namun hal kecil ini dapat sangat membantu menjaga kesehatan. Otot dan sel tubuh ikut bergerak, membantu pembakaran energi dan melancarkan peredaran darah. Ini akan membantu tubuh untuk lebi sehat lagi.

Menunda proses penuaan

Ketika usia bertambah tua, akan nampak perubahan pada tubuh seperti kerutan kulit misalnya. Kulit keriput disebabkan sel-sel kulit telah tua dan tidak memperbaharui diri. Melakukan kegiatan olahraga akan merangsang produktivitas sel-sel baru pada kulit sehingga kulit akan tampak kencang dan cerah tanpa kerutan.

Tentu hal ini sangat dibutuhkan oleh para wanita yang memasuki usia paruh baya. Masalah kulit keriput dan mulai kendor, tak kencang lagi dapat sedikit demi sedikit diatasi atau dikurangi.

Itu adalah beberapa manfaat olahraga bagi kita yang bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Anda sangat dianjurkan melakukan olahraga selama 30 menit sehari secara rutin.

Secara medis memang olah raga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika anda sedang menghadapi masalah dengan kesehatan Anda, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter, menanyakan jenis olahraga mana yang cocok dan bisa Anda lakukan untuk menguragi sakit yang Anda derita.

Tak perlu membeli alat bantu olahraga yang mahal, Anda cukup lari pagi, melakukan gerakan senam ringan atau bahkan melakukan pekerjaan rumah yang cukup menguras tenaga, itu sudah akan membantu otot-otot Anda agar tidak kaku.



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 08.55 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: