Beberapa Contoh Pidato

Beberapa Contoh Pidato

Berikut ini merupakan info menarik mengenai dari isi naskah pidato dari beberapa contoh pidato yang menggunakan isi teks pidato bahasa Indonesia.Berpidato ataupun konteks orasi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan maksud dan keinginan Anda. Saat menjelaskan suatu penyuluhan, Berpidato dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan membuat masyarakat ataupun orang-orang yang mendengarkan isi pidato tersebut mudah mengerti. Begitu pun bagi Anda.

Contoh pidato berikut merupakan serangkaian contoh naska pidato dalam kegiatan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai (umum) atau dapat juga dikatakan sebagai sebuah kegiatan orasi untuk menyatakan suatu maksud dan tujuan tertentu. Dalam berpidato, biasanya seseorang mengangkat tema yang penting untuk dibicarakannya (dipidatokannya) dan hal tersebut pantas untuk dibicarakan.

contoh+pidato


Contoh Pidato Bertema Pendidikan untuk Guru PAUD

Judul pidato: Mendidik Anak Usia Dini untuk Membangun bangsa.

Alhamdulillah ...

Kita ucapkan puji syukur kepada Allah yang Maha Kuasa atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita, dan yang telah mendidik kita dengan kehidupan yang penuh pelaran setiap hari.

Dan, tidak lupa kami sampaikan juga pujian terimakasih kepada semua yang hadir atas perhatian dan ketulusan hati untuk memenuhi undangan ini, semoga kehadiran kita semua di tempat ini mendapatkan berkah dan manfaat untuk meningkatkan kinerja dalam tugas yang mulia sebagai guru untuk anak-anak didik yang kita cintai.

Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang sangat menentukan masa depan bangsa. Ini karena anak-anak usia dini adalah ibarat lembaran kertas putih yang bersih, kosong dari goresan kehidupan, suci dari apapun. Mereka merupakan calon-calon pemimpin bangsa di masa depan, sehingga apa yang kita jarkan kepada mereka hari ini akan mewarnai wajah bangsa kita di masa depan.

Mari kita sadari dalam-dalam, kita insafi dengan sungguh-sungguh, betapa lembaran kertas yang suci itu merupakan lembar-lembar sejarah yang kosong. Di dalam lembar-lembar sejarah yang kosong itulah pekerjaan kita sehari-hari untuk menuliskan isinya melalui pendidikan kepada anak-anak didik kita. Akankah lembar-lembar kosong itu akan kita coret dengan goresan tak bermakna atau kita isi dengan tulisan yang baik, di tangan kitalah pena itu tergenggam.

Kitahuilah Bapak Ibu hadirin yang berbahagia ... Anak-anak usia dini yang kita ibaratkan seperti lembaran kertas kosong itu, mereka lebih mendengarkan apa yang dikatakan gurunya dari apa yang dikatakan oleh kedua orangtuanya. Ini adalah sebuah fakta yang menarik, bahwa ternyata anak-anak usia dini menganggap guru adalah dewa penerang, penyuluh kehidupan, pedoman bagi kehidupan.

Sehingga kebaikan yang mereka anggap baik adalah apa yang dikatakan oleh gurunya baik, demikian keburukan bagi mereka adalah apa yang dikatakan oleh gurunya sebagai suatu yang buruk.

Semoga kita semua benar-benar menyadari akan pentingnya peran kita bagi kehidupan mereka di masa depan. Semoga kita semakin memahami peran kita yang bukan sekedar mengajak mereka bernyanyi dan hanya untuk melerai mereka ketika bertengkar, bukan sekedar mengenalkan huruf dan angka-angka, tetapi kita bekerja untuk membentuk karakter bangsa ini di masa depan.Tentu ini bukanlah tugas yang ringan, bukan tugas biasa, tetapi benar-benar tugas besar yang luar biasa.

Bapak dan Ibu, para hadirin yang berbahagia ... Kita semua tentu masih ingat dengan pepatah yang mengatakan, belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar di waktu dewasa seperti mengukir di atas air.

Semoga pepatah ini senantiasa kita ingat ketika kita ada di depan mereka, karena apa saja yang kita ajarkan kepada mereka benar-benar akan melekat selamanya, akan terus terbawa ke masa depan, kepada kehidupan mereka kelak.

Kiranya di akhir pidato sambutan saya ini, perlu kami hadiahkan kabar baik kepada semua hadirin yang telah hadir dalam acara ini. Kabar baik itu datang dari seorang Nabi, yaitu Nabi Muhammad SAW. Beliau mengabarkan bahwa salah satu dari tiga amal yang tidak putus pahalanya ketika kita mati itu adalah ilmu yang bermanfaat.

Patut kita jaga dengan baik peran kita sebagai pendidik, karena jerih payah yang kita lakukan setiap hari ini akan menjadi amal yang pahalanya terus mengalir hingga kita berada di alam kubur.

Bapak dan ibu, para hadirin yang berbahagia ... Kiranya kabar gembira itu cukup untuk menjadi motivasi kerja kita dalam menjalankan tugas mengajar anak-anak usia dini. Semoga pidato singkat ini membawa manfaat yang panjang dan keberkahan yang luas. Amiin ya rabbal ‘alamiin ...


Contoh Pidato Sambutan Acara Pernikahan.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan yang berbahagia untuk berkumpul bersama dalam acara pernikahan kedua mempelai yang berbahagia (sebutkan nama kedua mempelai). Dalam waktu yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan ini, sudah selayaknya kita mengucapkan beribu rasa terima kasih atas karunia dan nikmat-Nya yang tidak berbatas. Semoga kedua mempelai diberikan kebahagiaan dan dijadikan sebagai keluarga sakinah, mawadah, warahmah... Aamiin ya Robbal’alamiin.

Sholawat serta salam kita panjatkan kepada nabi besar Shallallahu’ Alaihi Wa Sallam. Semoga Nabi Muhammad beserta keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh kaum muslimin yang menjalankan ajaran Islam dengan sempurna diberi keberkahan.

Hadirin sekalian dan kedua mempelai yang berbahagia, menikah bukanlah hal yang mudah. Menikah adalah niatan yang tulus dari kedua insan yang berbeda untuk beribadah kepada Allah Swt. Dengan menikah, akan didapatkan generasi Qur’ani yang berakhlak Islami. Sebuah pernikahan yang sesuai dengan aturan Allah, akan melahirkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan Insya Allah mendapatkan berkah dunia akhirat.

Rasulullah SAW menganjurkan bagi siapapun muslimin dan muslimat dalam hadistnya untuk melakukan pernikahan bagi yang sudah akil baligh dan mampu untuk menikah. Lalu, bagaimana jika yang belum mampu menikah? Rasulullah SAW menyarankan untuk melakukan puasa dan aktivitas yang positif.

Kebahagiaan bagi seorang suami dalam kehidupan pernikahan adalah dianugerahi seorang istri yang sholehah yang mampu menjadi sahabat dan teman dalam kondisi apapun. Seorang istri yang menjadi teman diskusi yang penuh dengan kasih sayang serta perhatian besar pada seorang suami.

Pernikahan yang benar adalah pernikahan yang dilandasi dengan niatan ibadah dan tidak hanya sekadar untuk sarana penyaluran syahwat semata. Pondasi awal sebuah pernikahaan adalah ketaatan seorang istri pada suami yang akan menumbuhkan rasa tentram bagi suami. Tugas seorang suami sungguh berat untuk mengantarkan istri dan keluarganya menuju surga dan terhindar dari api neraka.

Hadirin sekalian dan kedua mempelai yang berbahagia, semoga pernikahan yang penuh keberkahan ini akan mendatangkan kebahagiaan dunia akhirat. Jadilah seorang suami yang takut pada Allah, jadilah seorang istri yang takut pada Allah, dan jalankan fungsi masing-masing sesuai kewajiban dan tugas-tugasnya. Tugas istri seyogyanyalah mencari ridho suami dan menjauhi segala hal yang bisa menyakiti hati suami. Dengan pernikahan, semoga ibadah kedua mempelai semakin taat kepada Allah Azza wa Jalla. Aamiin Ya Robbal’alaamiin.

Barakallahu laka wa baaraaka alaika wa jama’a bainaa kumaa fii khair.
Demikian pidato ini disampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga uraian pidato ini bermanfaat bagi hadirin dan kedua mempelai yang berbahagia. Akhirul kalam, illal liqo maa’sallam.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tema Pendidikan.

Memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Bismillahirahmanirrahim

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Simeulue Timur
Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru SMA Negeri 1 Simeulue Timur
Yang terhormat para undangan dan rekan-rekan siswa/siswi SMA Negeri 1 Simeulue Timur

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita semua rahmat dan hidayahnya, serta kesehatan, sehingga di hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul bersama-sama untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei 2012.

Salawat beriring salam kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw yang telah mengubah umatnya dari alam kebodohan kepada alam yang berilmu pengetahuan, seperti saat sekarang ini.

Hadiran yang saya muliakan. Izinkan saya terlebih dahulu mengucapkan selamat Hari Pedidikan Nasional, semoga ke depannya dunia pendidikan kita, kabupaten Simeulue khususnya dan Indonesia pada umumnya, akan terus berkembang dan cita-cita mencerdaskan bangsa mudah-mudahan bisa kita raih bersama.

Setiap tanggal 2 Mei seperti hari ini, kita masyarakat pendidikan Indonesia selalu memperingati hari lahirnya tokoh pendidikan nasional, yaitu bapak Ki Hajar Dewantara. Seorang tokoh yang membawa perubahan pada pola pikir kita sebagai bangsa yang besar, sekaligus bangsa yang cerdas.

Bapak dan Ibu yang saya hormati. Sebagai generasi penerus bangsa, kami para siswa-siswi SMA Negeri 1 Simeulue Timur menyadari tanggung jawab estafet kepemimpinan bangsa ke depan ada ditangan kami.

Nasib bangsa ini ke depannya ditentukan dari orang-orang yang akan memimpin negeri ini dan orang-orang tersebut haruslah punya ilmu pendidikan yang memadai. Dari sekaranglah masanya, di mana kami memosisikan diri sebagai calon pemimpin tersebut.

Dari pada itu, melihat tantangan ke depan yang semakin sulit saja, dunia pendidikan Indonesia harus mempersiapkan cikal-bakal anak-anak bangsa yang kompeten dalam ilmu pengetahuan, agar mampu bersaing di era globalisasi.

Refleksi kelahiran Ki Hajar Dewantara, harus betul-betul jadi momentum yang tepat untuk bersama-sama kembali memikirkan strategi pendidikan nasional yang mampu menjawab semua tantangan yang ada. Kami berdiri di sini, dengan keyakinan bahwa bangsa ini akan tampil sebagai sebuah bangsa yang maju.

Kami semua sebagai siswa-siswi akan berusaha menjadi pioner terdepan dalam memajukan pendidikan Indonesia. Namun, tanpa guru-guru sekalian, kami bukanlah apa-apa.Terima kasih telah mengajarkan dan membimbing kami. Hari ini kami bertekad menjadi lebih baik, lebih memperhatikan pelajaran yang diajarkan kepada kami dan lebih peduli pada peningkatan mutu pengetahuan kami sebagai seorang murid.

Hadirin sekalian. Di kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku ketua OSIS SMA Negeri 1 Simeulue Timur, ingin menyampaikan beberapa kegiatan yang kami selenggarakan dalam rangkaian acara peringatan Hari Pendidikan Nasional ini.

Kegiatan-kegiatan itu antara lain, mengadakan lomba cerdas cermat antar kelas di SMA Negeri 1 Simeulue Timur. Kegiatan ini sebagai wadah pengujian terhadap kemampuan para siswa untuk menjawab soal-soal mata pelajaran yang pernah diberikan oleh para guru. Kegiatan ini juga sebagai seleksi untuk menetukan perwakilan SMA Negeri 1 Simeulue Timur yang akan mengikuti lomba cerdas cermat antar SMA se-kabupaten Simeulue, pada bulan agustus mendatang.

Kegiatan selanjutnya yang kami adakan adalah lomba membaca cerita dalam bahasa Indonesia. Lomba ini terlaksana atas kerja sama beberapa pihak, yang fokus terhadap peningkatan minat baca para siswa, agar nantinya diharapkan tercipta iklim gemar membaca dalam diri para siswa dan para siswa lebih banyak tahu, terutama cerita-cerita yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

Adapun kegiatan lainnya yang kami lakukan adalah lomba pidato bahasa Inggris. Lomba ini kami peruntukkan bagi siapa saja siswa-siwi SMA Negeri 1 Simeulue Timur yang mempunyai kemampuan menguasai bahasa asing, khusunya bahasa Inggris.

Lomba ini sebagai bentuk perhatian kami terhadap tuntunan global, di mana bahasa Inggris dijadikan bahasa Internasional. Diharapkan dengan lomba ini, akan dihasilkan para siswa-siswi yang mampu berbicara atau berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia.

Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian. Itulah beberapa kegiatan yang kami lakukan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2012 ini. Kita semua berharap kegiatan-kegiatan tersebut memberikan manfaat dan hasil yang sesuai dengan yang kita rencanakan.

Akhir kata sekali lagi saya mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional. Maaf bila ada kata-kata yang salah.

Saya akhiri dengan mengucapkan wabillahitaufik walhidayah, wassalamualaikum wr wb.

Demikian isi teks dari beberapa jenis contoh pidato semoga dapat diambil manfaat untuk Anda yang memerlukan contoh judul maupun isi teks pidato guna memenuhi tugas dan kebutuhan Anda.


Share this post :
Posted by 11januari, Published at 00.40 and have 2 komentar

2 komentar: