Pengertian Administrasi Pendidikan

Pengertian Administrasi Pendidikan

Di dalam Encyclopedia of Research pengertian administrasi pendidikan yaitu proses pengintegrasian kegiatan-kegiatan personil dan pendayagunaan sumber-sumber material yang sesuai sedemikian rupa guna meningkatkan secara efektif perkembangan kualitas manusia dan sebelumnya telah di uraikan tentang Pemahaman Definisi Pendidikan. Beberepa Pengertian Administrasi Pendidikan seperti yang di utarakan oleh beberapa pakar seperti yang termuat dalam info menarik berikut ini

Sutisna menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah keseluruhan proses dengan mana sumber-sumber manusia dan materi yang cocok dibuat tersedia dan efektif begi pencapaian maksud-maksud organisasi secara efisien.

Engkoswara menyatakan bahwa administrasi pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya adalah “suatu ilmu yang mempelajari penataan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan secara produktif”

Soepardi menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah semua aspek kegiatan untuk mendayagunakan berbagai sumber (manusia, sarana dan prasarana, serta media pendidikan lainnya) secara optimal, relevan, efektif, dan efisien guna menunjang pencapaian pendidikan

Daryanto sendiri menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang-orang, dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif

Nawawi menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah rangkaian kegiatan atau keseluruhan, proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu, terutama berupa lembaga pendidikan formal.

Fungsi-fungsi administrasi pendidikan antara lain sebagai berikut.

1. Perencanaan

Pada perencanaan ini kita menggunakan data dan informasi dari apa yang terjadi di masa lalu untuk membuat perencanaan yang akan dilaksanakan nanti ke depannya sesuai dengan tujuan yang diiginkan.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian yang dimaksud adalah dengan mengelompokkan tugas-tugas yang ada dengan sumber daya- sumber daya yang ada yang tentunya didukung oleh fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal.

3. Perangsangan

Perangsangan atau yang biasa disebut dengan istilah motivating ini dimaksudkan agar tugas-tugas yang ada dilaksanakan dengan menggunakan kemampuan yang dipunyai secara maksimal. Banyak cara yang dilakukan dalam perangsangan ini, antara lain : menciptakan suasana organisasi yang nyaman, terdapat kebebasan mengeluarkan pendapat, pemberian tugas yang sesuai dengan kemampuan, dll

4. Pengkoordinasian

Pengkoordinasian yakni mengarahkan tugas atau kegiatan yang ada kea rah tujuan yang ingin dicapai. Setiap orang diberi kebebasan untuk menyelesaikan tugasnya dengan caranya masing-masing, namun, harus diiringi dengan tangung jawab yang tinggi.

5. Penilaian

Penilaian disini dimaksudkan adanya control atau pemonitoran atas tugas-tugas yang ada. Hal ini dimaksudkan agar tujuan semula yang ingin dicapai tidak berbelok arah.

Bidang-bidang yang mencakup administrasi pendidikan :

Administrasi Kurikulum
Administrasi Personil
Administrasi Sarana
Administrasi Keuangan
Administrasi Siswa



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 03.35 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: