Pemahaman Definisi Pendidikan

Pemahaman Definisi Pendidikan

Info menarik seputar Pemahaman Definisi Pendidikan yang seiring berjalannya waktu, definisi pendidikan pun meluas. Kita tidak hanya mengenal pendidikan dalam lingkungan keluarga, namun mencapai lingkungan masyarakat. Bahkan, lingkungan negara. Lalu pengetahuan yang semakin luas itu menggiring pikiran mengarah kepada sesuatu yang sangat luas cakupannya sehingga tidak hanya memandang pendidikan sebagai salah satu kewajiban semata yang bisa dijalankan dengan seadanya.

Pendidikan yang dilakukan hanya semata sebagai satu kewajiban yang diembankan oleh Sang Pencipta kepada orangtua. Perasaan dan pemikiran seperti ini terkadang membuat orangtua tidak merasa harus meningkatkan kemampuan dna pengetahuan mereka tentang defini pendidikan atau apa pun yang berhubungan dengan pendidikan secara luas. Orangtua yang tidak mengembangkan pengetahuan tentang pendidikan, tentu saja akan menjadi orangtua yang pasrah dan rela keadaan dirinya tetap sama hingga akhir hayatnya. Hal ini tentunya bukan satu contoh yang baik bagi anak-anak yang menyaksikannya.

Pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pendidikan memegang unsur penting untuk membentuk pola pikir, akhlak, dan perilaku manusia agar sesuai dengan norma-norma yang ada, seperti norma agama, adat, budaya, dan lain-lain. Pendidikan harus dipandang sebagai sesuatu yang dinamis yang harus disiapkan dengan matang sesuai dengan tuntutan zaman. Tanpa tahu bagaimana masa depan yang akan datang, maka pendidikan yang diberikan kepada anak mungkin tidak akan mampu mempersiapkan mereka menghadapi kerasnya persaingan dan tuntutan hidup di masa mereka nantinya.

Memang ada benarnya bahwa orangtua sibuk mencari nafkah sehingga tidak mempunyai kesempatan untuk memperdalam pengetahuan mereka mengenai sesuatu yang dianggap bisa diberikan atau diserahkan saja kepada orang lain seperti beban mendidik anak dengan baik. Orangtua lebih senang mencari sekolah yang dianggapnya baik walaupun mahal, lalu menyerahkan segalanya kepada pihak sekolah. Yang lucu adalah bahwa orangtua mengamuk kepada pihak sekolah ketika anaknya tidak menjadi anak seperti yang diharapkannya. Padahal seharusnya orangtua sadar bahwa tugas mendidik yang utama itu adalah orangtua dan bukan pihak sekolah.

Hal inilah yang mendasarkan satu definisi pendidikan yang menyeluruh agar semua orang yang terkena dampak dan imbas kewajiban melakukannya menaydari dan mau menjalaninya sesuai dengan definisi pendidikan tersebut.
Definisi Pendidikan Menurut Frederick J.Mc Donald dan M.J. Langeveld

Menurut Frederick J.Mc Donald dan M.J. Langeveld, pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk mengubah kebiasaan (behavior) manusia. Manusia terlahir tanpa membawa kebiasaan apa pun. Orang-orang disekitar anak itulah yang harus menyadari dan menanamkan kebiasaan yang baik kepada sang anak.

Misalnya, kebiasaan membersihkan tempat tidur atau paling tidak mengibaskan kain beberapa kali di atas tempat tidur sebelum menidurinya. Kebiasaan yang memang diperintahkan dalam satu hadist ini, akan menjadi satu kebiasaan yang begitu membekas di ahti anak hingga ia akan melakukannya sampai dewasa. Bahkan ia pun akan menurunkan kebiasaan ini kepada istri dan anak-anaknya. Bila kebiasaan ini tak dilakukan sejak kecil, otomatis anak akan lupa dan sering kali lupa bahkan tak akan pernah lagi melakukan hal yang baik seperti ini.

Berdoa terlebih dahulu sebelum makan, minum, tidur, dan melakukan hal-hal lainnya akan menajdi satu kebiasaan bila memang telah terbiasa sejak kecil. Hanya anak-anak yang diberi pelajaran yang baik yang akan tumbuh baik dan yang akan menyebarkan kebaikan itu kepada orang lain. Inilah salah satu hal yang sangat penting dalam pendidikan. Pendidikan itu memang harus memanusiakan manusia dengan memberikan pembiasaan yang baik.
Definisi Pendidikan Menurut Juhn Dewey

Menurut Juhn Dewey, pendidikan merupakan salah satu proses pembaruan makna pengalaman. Hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda. Bahkan, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan sosial. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok tempat dia hidup.

Pembaruan pengalaman ini adalah satu hal yang harus menjadi pijakan agar peserat didik menjadi anak yang cekatan dan cerdas dalam mengambil segal tindakan. Pengalaman akan memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi semua orang. Pelatihan yang diselenggarakan oleh satu perusahaan akan membuat para pekerjanya menjadi lebih profesional di bidangnya karena mereka akan mendapatkan ilmu baru. Pengalaman juga akan membuat pemikiran atas segala sesuatunya akan berubah. Persepsi yang beda itu akan membuat kehidupan para pekerja selanjutnya juga akan berubah.

Satu lembaga pendidikan akan dianggap sukses bila mampu memberikan pengalaman dan perubahan tingkah lakuk yang mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik dan terukur kadar apakah tingkah laku itu memang baik atau tidak.
Definisi Pendidikan Menurut H. Horne dan Edgar Delle

Menurut H. Horne, pendidikan merupakan proses yang terjadi secara terus-menurus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada Tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar, intelektual, emosianal, dan kemanusiaan dari manusia.

Dalam Islam pun, setiap muslim itu wajib menempuh pendidikan dan terus mendididk dirinya agar terus menjadi orang lebih baik hingga akhir hayatnya. Setiap muslim itu harus bisa membaca semua pertanda alam dan pertanda kehidupan. Hal ini karena semua pertanda itu adalah cara Allah Swt memberikan pelajaran kepada umatNya. Setiap perbuatan yang buruk tidak boleh dicontoh. Kalau dicontoh, maka akibatnya mungkin akan terasa lebih pedih. Itulah juga mengapa Al-Qur’an berisi tentang kisah orang-orang terdahulu. Contoh orang-orang baik dan contoh orang-orang yang membangkang perintah Tuhan.

Menurut Edgar Delle pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peran dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Semua orang bisa menjadi pengajar. ‘Sampaikanlah walau hanya satu ayat’ adalah satu pemicu semangat dan penyuntik motivasi bahwa memberikan pelajaran dan pendidikan kepda orang lain itu adalah satu kewajiban. Bagaimana Allah Swt memberikan kedudukan yang sangat tinggi kepada orang-orang yang berilmu dan tempat yang sangat indah bagi yang senang memberikan ilmu kepada orang lain.

Jadi, jangan sungkan mengajarkan sesuatu kepada orang lain walaupun hanya satu orang. Satu ilmu yang diajarkan itu merupakan benih-benih pahala amal jariyah yang akan menjadi teman dalam kubur maupun di alam barzah nantinya.
Kesimpulan dari Definisi Pendidikan

Berdasarkan beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan seluruh aspek yang ada di dalam kehidupan kita, baik orang terdekat, masyarakat ataupun lembaga-lembaga yang ada, baik yang terjadi secara formal maupun nonformal dengan tujuan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan tidak baik menjadi kebiasaan baik yang terjadi selama kita hidup untuk memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik dan mampu menjawab tantangan di masa depan.

Catatan penting dalam sebuah pendidikan yakni harus adanya penyeimbang antara pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Kedua jenis pendidikan ini akan membaut peserta didik mendapatkan berbagai macam pendidikan. Hal inilah yang akan membuat mereka menjadi anak-anak dengan motivasi tinggi tetapi tak lupa dengan kadar budi pekerti yang selalu harus mereka jaga dan sebarkan kepada orang lain.

Tanpa kita sadari, pendidikan nonformal merupakan pendidikan yang sangat penting dalam membentuk sikap yang ada pada diri kita. Namun, pendidikan ini sering sekali dinomorduakan dibanding pendidikan formal. Masyarakat sering lupa bahwa sebenarnya pendidikan nonformal ini adalah salah satu pendidikan yang akan membentuk kepribadian seorang anak. Belum pula pengaruh teman-teman dan guru yang ada di lembaga swasta itu. Itu artiny apergaulan sang anak semakin luas.



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 01.35 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: