Tips Cara Merawat Wajah

Tips Cara Merawat Wajah

Cara merawat wajah atau bagian muka baik pria maupun wanita, biasanya menempatkan fungsi merawat wajah secara alami adalah cukup penting. Pada wanita ini merupakan keharusan. Sedangkan pria, meski mereka tidak suka berdandan, namun hal perawatan wajah tetap harus dilakukan. Minimal menghindari jerawat, atau melakukan facial. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang beraktifitas tinggi serta rawan terhadap polutan. Sehingga akhirnya merawat wajah menjadi sebuah kebutuhan.



Mencari info menarik seputar kecantikan pada wajah atau bagian muka hal ini rasanya lumrah, karena merawat wajah mau tidak mau memang harus dilakukan. Karena wajah yang bersih dan terawat, memang enak dipandang, meskipun tidak terlalu cantik ataupun ganteng.

Berikut adalah beberapa tips cara mudah untuk merawat wajah. Anda dapat melakukannya sesering mungkin. Atau kalau perlu jadikan menjadi kebiasaan baik setiap hari.

Tips Cara Merawat Wajah

1. Perawatan Pagi Hari

Pagi hari merupakan saat tepat untuk membersihkan wajah dengan air hangat dan krim pembersih atau sabun berbahan gel. Hindari penggunaan sabun batangan karena menghilangkan pelembap alami wajah sehingga menyebabkan wajah terasa kering dan ketat. Keringkan dengan cara menepuk-nepukkan handuk ke wajah.

Selanjutnya, gunakan toner untuk wajah. Toner membantu menghilangkan sisa-sisa pembersih atau make up yang tersisa. Toner juga mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga wajah bersih dan siap untuk dilembapkan.

Setelah itu, oleskan pelembab atau krim wajah. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pelembap membuat wajah terasa lembut serta mengurangi kerutan dan kekeringan. Bila akan bepergian, sunscreen dapat dioleskan setelah menggunakan pelembap.

Langkah terakhir dan bila diperlukan adalah menggunakan make up. Pilih foundation yang mendekati warna kulit wajah. Hindari menggunakan foundation dengan warna yang lebih gelap dari kulit asli karena tampak tidak alami.

2. Perawatan Malam Hari

Seperti halnya pagi hari, bersihkan wajah Anda dengan air hangat dan krim pembersih atau sabun berbahan gel. Hal ini akan membersihkan wajah Anda dari make up yang menempel sepanjang hari. Selanjutnya, gunakan toner untuk mengangkat sisa-sisa pembersih dan make up.

Saat wajah masih basah, sebaiknya Anda menggunakan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. Penumpukan sel-sel kulit mati menyebabkan pori tersumbat dan munculnya jerawat. Sel kulit mati juga membuat produk perawatan wajah tidak meresap secara maksimal.

Scrub akan mencerahkan dan membuat wajah tampak bersinar. Pijat lembut wajah dengan scrub kemudian basuh dengan air. Hal ini dapat dilakukan setiap malam atau satu hingga dua kali seminggu bergantung jenis scrub yang Anda gunakan.

Setelah itu, oleskan krim malam pada wajah. Pilih krim malam yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Sebaiknya, Anda juga menggunakan krim mata pada malam hari.

Saran

Jangan tidur dengan make up masih menempel di wajah. Make up menyumbat pori dan menghalangi regenerasi sel-sel kulit sehingga menyebabkan komedo. Bersihkan make up agar kulit dapat “bernapas” sepanjang malam.
Make up tahan air lebih mudah dibersihkan dengan pembersih berbahan gel.
Hindari paparan sinar matahari langsung dan berlebihan. Sinar matahari menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit
AHA (Alpha Hydroxy Acid) merupakan zat yang dapat mencegah jerawat. Pilih produk yang mengandung AHA bila kulit Anda berjerawat.

Memang benar perawatan wajah di rumah jauh lebih maksimal hasilnya. Selain Anda bisa menghemat uang untuk pos perawatan wajah, Anda juga tidak perlu merasa was-was atas efek samping yang ditimbulkan akibat perawatan wajah seperti di luar negeri, atau salon-salon setempat.



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 12.23 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: