Contoh Pidato Tentang Olahraga

Contoh Pidato Tentang Olahraga

Berikut ini merupakan salah satu artikel contoh pidato dengan tema Pidato olahraga. umumnya pidato olahraga yang disampaikan kerap terdengar monoton karena berisi hal yang itu-itu saja. Namun, adakalanya sebuah pidato menjadi sangat menarik ketika disampaikan oleh seseorang yang memiliki tekanan suara atau intonasi yang tidak biasa, dan lewat artikel ini Admin lengkapi dengan tips dalam berpidato.

Seseorang yang mengisi pidato olahraga hendaknya memang hadir sebagai penampil pembuka yang atraktif dan enerjik. Agar euforia dan semangat orang-orang yang hendak menyaksikan acara olahraga tetap konstan hingga akhir acara.

contoh-pidato-olahraga

Setelah pesta olahraga selesai, biasanya akan dijadikan momen oleh guru olahraga dalam rangka memberikan tugas tercatat untuk murid-muridnya. Anak-anak diminta mencatat pidato olahraga yang mungkin acaranya disiarkan secara live atau langsung di televisi maupun radio. Atau bisa jadi, guru Bahasa Indonesia memanfaatkan momen ini sebagai tugas yang kemudian akan dibahas dari segi bahasa dan susunan pidato olahraga yang baik dan benar.

Sebagai bahan acuan, Anda bisa melihat contoh-contoh pidato olahraga melalaui info menarik berikut:

Pidato Pembukaan Soccer Invitation 2012

Yth Bapak Drs Tunas Dwidharto (Deputy Bidang Pembudayaan Olahraga) Kantor Menpora
Yth Bapak Yusuf (Kepala Sub Dinas Olahraga Jakarta Selatan ) Kantor Gubernur DKI Jakarta
Yth Bapak Ir Ardiyansyah Parman (Sekretaris Jenderal ) Kementrian Perdagangan Indonesia
Yth Bapak Adi Suyoso (Deputy Ketua KONI Pusat)
Yth Bapak Nur Budianto (Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI)
Yth Bapak Anindya Bakrie (Wakil Ketua Umum Kadin Pusat)
Yth Bapak Ari Sutedi (President Direktur Retower Indonesia)
Yth Ibu Menpora
Yth Kolega teman teman Kadin Pusat yang saya hormati
Yth Teman teman PASS XII yang telah bekerja keras

Teman teman media , perwakilan teman teman peserta SMP aktif , perusahaan Telekomunikasi dan Alumni SMP 80 an dan para hadirin beserta undangan yang hadir dan kami hormati
: ass wwb …..
Salam Sejahtera ….Salam Olahraga
Pertama tama saya mewakili PASS XII dan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Budaya Parawisata Kuliner dan Olahraga Bapak Eddie Baskoro Yudhoyono , Mas Ibas ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada para tamu dan para hadirin undangan , peserta dan teman teman Media yang telah hadir hari ini di hari yang sangat penting buat kegiatan kami PASS XII dan KADIN Indonesia .

Alhamdullilah, kami berkat dukungan dari teman teman dan kolega semua , kami telah bisa membuka turnamen sepakbola Piala Bergilir Retower Invitational Tournament dalam 3 kategori ini : SMP aktif , SMP Alumni 80 an dan perusahaan Telekomunikasi se Jakarta , dengan total partisipasi pemain lebih dari 550 pemain dan 29 team yang akan berlangsung dimulai hari ini, setiap sabtu & minggu dan berakhir di Final yang akan dilangsungkan tanggal 28 Oktober 2012 di Soemantri Bodjonegoro bersamaan dengan hari Pemuda Nasional .

Insya Allah turnamen ini akan diadakan setiap tahun dan telah kita masukan sebagai agenda tetap kegiatan Kadin , dan saya dalam hal ini mewakili teman teman PASS XII dan Ketua Bidang Olahraga KADIN siap mengadakan turnamen ini demi menjaga silaturahmi diantara semua stakeholders sepakbola Indonesia .PASS XII dimulai dari kegiatan silaturahmi antara alumni 12 angkatan 83 dengan tujuan membangun kegiatan positif diantara sesama alumni dan membangun jaringan dan sinergi positif diantara kami dan memberikan sumbangsih positif kepada masyarakat kita melalui kegiatan olahraga dan budaya . Dengan kegiatan olahraga dan kebudayaan ini kami harapkan para pelajar sekarang berpikiran lebih positif , menghindari tawuran tawuran , obat terlarang dan hal negatif lainnya dengan menjalin kerjasama lebih intens dengan para alumni yang telah lebih dulu terjun di masyarakat.

Kami para senior alumni ingin memberikan sumbangsih positif kepada adik adik kelasnya dan sekaligus membantu melakukan pendekatan terhadap pihak ke tiga seperti pihak sponsor dan swasta untuk memberikan sinergi terhadap kegiatan acara kami bersama khususnya bidang olahraga dan budaya.

Salah satu kegiatan kami tgl 11 September yang lalu adalah memberikan apresiasi kepada mantan pemain legenda sepakbola nasional , Perri Sandria bersama pihak Retower , apresiasi dalam bentuk tunai sebagai legenda top skorer pemain Indonesia yang rekor beliau belum pernah terpecahkan sampai saat ini dalam satu tahun kompetisi 34 Gol. Kami harapkan bentuk apresisasi ini dengan bekerjasama dengan pihak swasta Retower akan memberikan apresiasi positif kepada mantan atlit yang telah hampir kita lupakan dan menjadikan contoh buat adik adik atlit smp yang disini dan yang akan datang untuk mencapai impian “ Reach your dream “ membawa nama harum bangsa Indonesia menjadi juara juara olahraga di Indonesia maupun di Dunia , Olimpik , Piala Dunia tanpa melupakan sejarah prestasi mantan atlit yang telah membawa nama bangsa . Kami para senior pun ikut bangga bisa mendukung para adek adek mencapai cita cita menjadi duta bangsa ini .

Selain membantu pembinaan usia muda di Olahraga , Apresiasi Mantan Atlit dan memberikan energy positif buat olahraga nasional kami juga ingin melibatkan para pihak seperti PSSI , KeMenpora , KeMendag , KADIN , KONI , KOI , dan pihak swasta turut serta bersama sama melakukan dan membangun olahraga nasional yang akan memberikan kebanggaan Nasional di kemudian hari . Khususnya kami KADIN akan memberikan suatu fondasi yang bekerjasama dengan pihak sawatsa membangun industrialisasi Olahraga Nasional demi terwujudnya kemandirian olahraga dengan bekerjasama pihak swasta . Selain harus kompak di dalam pelaksanaan , para stakeholders juga harus mendukung pihak swasta yang akan berperan di dalam industri olahraga nasional di masa yang akan datang .

Sekali lagi kami berterima kasih kepada pihak sponsor khususnya Retower yang telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap turnamen ini , pihak PSSI yang siap memfasilitasi beasiswa buat anak anak yang berprestasi di turnamen ini dan para pihak teman teman kolega yang saya tidak bisa sebutkan satu satu disini yang telah meluangkan waktu dan bekerja keras demi terciptanya PASS XII dan diadakanya turnamen yang akbar dan pertama kali dalam sejarah sepakbola kita yang dilakukan di waktu yang bersamaan dalam satu turnamen : smp aktif , alumni dan pihak swasta (perusahaan telekomunikasi).

Sekali lagi , Insya Allah sukses buat semua anggota panitia , selamat bertanding buat para peserta Retower PASS XII XII Invitational Tournament , terima kasih pihak sponsor yang telah mendukung acara ini , dan dengan ini kami mohon dukungan selalu dari Bapak Bapak dan Ibu Ibu yang telah hadir untuk ikut memberikan apresiasi terhadap acara kami .
Wa Fil taufiq Wal Hidayah , Wassalamualaikum WWB
Iman Arif

Contoh Pidato Olahraga Pembukaan Liga Indonesia

Assalamu’alaikum warrahmatullohi wabarakatuh.

Yang terhormat Ketua dan Pengurus KONI;

Yang terhormat Pengurus Cabang PSSI;

Yang terhormat para pelatih, manajer, dan pemain sepak bola peserta kompetisi Liga Indonesia;

Yang terhormat panitia pelaksana.

Serta para penonton yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya. Sehingga kita bisa berkumpul hari ini dalam acara kompetisi Liga Indonesia.

Hadirin yang saya hormati,

Selamat datang kami sampaikan kepada keempat tim yang akan bertanding hari ini. Semoga semua tim dapat menyajikan permainan yang indah, sportif, serta menjunjung tinggi rasa persaudaraan, persatuan, dan kesatuan sesama warga Jakarta.

Kami sangat yakin keempat tim ini telah resmi didukung oleh para petugas yang profesional. Sehingga dapat bermain sehat dan memiliki semangat kompetisi yang kuat, namun bersaudara di luar lapangan hijau.

Hadirin, pengurus KONI yang saya hormati,

Terpilihnya Jakarta Utara sebagai penyelenggara Liga Indonesia kali ini merupakan suatu kebanggan dan kehormatan tersendiri. Penyelenggaraan kompetisi ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Dukungan moril, material, dan tenaga yang tercurahkan pada kesempatan kali ini tentunya tidak bisa dinilai oleh apapun.

Namun, kami juga tidak langsung berpuas diri atas pencapaian ini. Masih banyak kekurang di mana-mana yang harus kami tambal sulam. Agar ke depannya, dalam penyelenggaraan event serupa dapat menjadi lebih baik lagi. Terlebih, masih banyak harapan dan impian yang ingin kami wujudkan bersama, dalam hal meningkatkan minat kompetisi sepak bola di Jakarta Raya khususnya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini di mana kami menjadi tuan rumah yang merupakan salah satu agenda dari PSSI, tentunya kami mengharapkan mendapat kesuksesan dalam penyelenggaraan event dan prestasi.

Besar pula harapan saya terhadap KONI dan PSSI agar kemajuan sepak bola Tanah Air lebih diperhatikan. Dan mari kita bersama-sama menjaga agar event seperti ini bisa terus diadakan dan menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat yang mencintai olahraga khususnya sepak bola.

Hadirin yang saya hormati,

Impian dan harapan yang saya sampaikan tadi dapat terlaksana jika masing-masing dari kita mau bahu-membahu meningkatkan persepakbolaan kita. Dan terlebih jika ada yang mau peduli terhadap fasilitas olahraga, seperti stadion serta pembinaan masyarakat yang mencintai olahraga ini.

Pesan saya, agar KONI dan PSSI mampu memaksimalkan anggaran yang khusus dialokasikan untuk sepak bola dari Pemerintah Daerah.

Akhir kata, saya ingin berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini. Terutama, kepada semua sponsor yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rezeki dan memberikan ridho-Nya kepada kita semua. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin.

Terima kasih,

Wabillahi taufiq walhidayah

Wassalamu’alaikum warrahmatullohi wabarakatuh.
Pidato Olahraga di Sekolah

Assalamu’alaikum warrahmatullohi wabarakatuh

Selamat pagi, anak-anakku sekalian.

Di pagi yang cerah ini, kita semua berkumpul dalam rangka pembukaan class meeting usai Ujian Akhir Semester. Seperti yang sudah kita lakukan selama sepuluh tahun terakhir, class meeting selalu diisi dengan berbagai kompetisi olahraga antarkelas.

Kami semua para guru mengharapkan anak-anak semua dapat melakukan kegiatan class meeting ini dengan tertib, sportif, dan saling mendukung antarteman sekelas maupun sesama level.

Bapak harap, kegiatan ini juga menjadi sarana yang baik untuk bisa berolahraga agar badan tetap sehat, bugar, dan selalu semangat. Olahraga yang dipilih untuk dijadikan kompetisi juga merupakan olahraga yang mengandalkan kerja sama tim dan kemampuan individu yang menjadi wakil dari kelasnya masing-masing.

Dengan begitu bapak harap kegiatan ini bisa mempererat tali silaturahim dan persaudaraan antarpenghuni sekolah. Juga membangun rasa saling memiliki yang kuat.

Adapun rangkaian kompetisi olahraga seperti yang sudah dirancang oleh panitia adalah:

Pukul 8 tepat akan dilaksanakan lomba sepeda santai keliling kampung di sekitar sekolah. Dengan setiap kelas mengirimkan perwakilan satu tim yang terdiri dari sepuluh orang. Garis start dan finish ditentukan di depan gerbang sekolah.
Pukul 10 tepat akan dilaksanakan lomba bulu tangkis tunggal dan regu di lapangan sekolah. Bersamaan dengan itu, akan dilaksanakan pula lomba basket three on three di lapangan basket kita.
Usai break istirahat siang, pukul 1 tepat akan dilaksanakan pertandingan catur di aula sekolah. Bersamaan dengan itu akan dilaksanakan pula pertandingan final bulu tangkis di lapangan kita.

Demikian bapak sampaikan perihal pesta olahraga kita sebagai bagian dari class meeting tahun ini. Semoga anak-anak yang bapak cintai bisa mengikuti dengan baik jalannya acara ini. Terima kasih. Wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarakatuh.
Fungsi Pidato Olahraga

Banyak orang yang berpendapat kalau pidato bukanlah hal yang penting dan hanya buang-buang waktu saja. Tapi, sesungguhnya pidato memiliki fungsi tersendiri. Begitu juga dengan pidato olahraga. Adapun fungsi pidato olahraga di antaranya :

Menjadi jembatan komunikasi antara petinggi institusi dengan anak buah atau penikmat acara olahraga yang diadakan.
Menjadi kemudahan komunikasi antaranggota organisasi, khususnya yang terlibat langsung dalam event olahraga tersebut.
Membuat suatu keadaan yang kondusif karena hanya satu orang yang paling berpengaruh yang menyampaikan pidato olahraga dan biasanya banyak yang akan mendengarkan serta memperhatikan.

Tips dalam Menyampaikan Pidato Olahraga

Pidato olahraga tentunya tidak sama dengan pidato lainnya. Perbedaannya terletak pada setting panggung dan pemakaian bahasa yang digunakan. Pidato olahraga sebagai pembuka acara kompetisi olahraga biasanya dilakukan di atas panggung yang dibentuk seadanya. Mengingat panggung bukanlah tempat utama. Karena tempat utama event tersebut adalah lapangan hijau atau aula untuk kompetisi olahraga indoor.

Adapun tips yang bisa Anda ikuti dalam menyampaikan pidato adalah :

Prepare is a must. Persiapkan pidato yang singkat, lugas, jelas dan padat. Pendengar dalam pembukaan acara biasanya hanya akan mendengar hal yang penting-penting saja. Pastikan Anda menyiapkan poin-poin penting yang akan disampaikan pada saat pidato nanti.
Sampaikan pidato dengan bahasa tubuh dan gerakan tangan yang santai.
Waktu pidato yang efektif hanya sekitar 10-15 menit.
Sampaikan hal-hal yang realistis dan sudah pernah Anda alami sebelumnya.
Sisipkan sedikit intermezzo agar pidato tidak terkesan monoton.



Share this post :
Posted by Lamone To'i lamone, Published at 07.44 and have 1 komentar

1 komentar: