Tips Menulis Teks Pidato Bahasa Indonesia

Tips Menulis Teks Pidato Bahasa Indonesia

Tips Menulis Teks Pidato Bahasa Indonesia ulasan mengenai pengertian pidato, membuat pidato, dan metode penyampaian pidato. Ketika membuat naskah pidato, Anda harus dengan jeli memperhatikan rambu-rambu membuat pidato agar naskah pidato yang Anda buat berkualitas. yang dimana dalam Setiap teks pidato seharusnya memiliki kerangka agar apa yang akan disampaikan menjadi jelas dan tidak bertele-tele. Kerangka keseluruhan pidato terdiri dari, pembukaan, inti, dan penutup. Durasi dari masing-masing poin juga wajib diperhatikan. Misalnya, untuk pembukaan dan penutup sebaiknya jangan terlalu lama, sehingga nanti bagian inti yang seharusnya menjelaskan banyak, justru hanya tersisa sedikit waktu saja.

pidato-bahasa-indonesia

Dari teks pidato bahasa Indonesia bisa menjadi sarana untuk menyampaikan maksud dan keinginan Anda. Saat menjelaskan suatu penyuluhan, menggunakan pidato bahasa Indonesia akan membuat masyarakat mengerti. Begitu pun bagi Anda, pidato dengan bahasa tersebut akan memudahkan komunikasi yang Anda lakukan.

Namun, berpidato bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah, meskipun menggunakan pidato dengan bahasa Indonesia. Menyusun sebuah teks pidato kadang-kadang terasa sulit. Poin-poin yang ditulis dalam pidato membingungkan. Jika ini terjadi pada Anda, memakai pidato bahasa Indonesia pun tidak akan tersampaikan informasi dan maksud yang ingin disampaikan. Jadi, membuat pidato dengan bahasa Indonesia harus benar-benar sistematis sehingga pendengar atau audiens bisa memperoleh manfaat dari pidato yang Anda paparkan.

Tak perlu ragu untuk membuat pidato dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hal yang terpenting, Anda harus memahami hal-hal apa saja yang harus ada saat membuat sebuah pidato dengan bahasa Indonesia. Dalam artikel ini, akan dijelaskan berbagai hal mengenai pidato, membuat pidato bahasa Indonesia, dan metode penyampaian pidato.
Pidato Bahasa Indonesia - Seluk Beluk Pidato

Sebelum membahas bagaimana membuat sebuah pidato bahasa Indonesia, terlebih dahulu akan diulas mengenai pengertian pidato. Pidato adalah ucapan yang memiliki susunan pembuka, isi, dan penutup pidato untuk disampaikan kepada orang banyak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang. Arti lainnya adalah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Contoh pidato dapat ditemukan, misalnya pada pidato kenegaraan, pidato pengukuhan, pidato pernikahan, pidato menyambut hari besar, pidato sambutan sebuah event, pidato televisi, pidato radio dan lainnya. Pidato kenegaraan biasanya menggunakan pidato dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini tentu saja mesti dilakukan karena merupakan pidato resmi kepala negara yang dibacakan di depan DPR/MPR.

Pidato pengukuhan pun menggunakan pidato bahasa Indonesia. Pidato pengukuhan yaitu pidato yang diucapkan secara tradisional oleh seorang guru besar universitas pada saat diangkat secara resmi. Umumnya, seluruh pidato resmi akan menggunakan pidato bahasa Indonesia agar memudahkan semua khalayak yang mendengarnya.

Tujuan pidato umumnya untuk memengaruhi orang lain agar mengikuti apa yang kita inginkan atau sampaikan, memberikan pemahaman dan pengertian tentang apa yang sedang kita kemukakan, dan tujuan pidato lainnya sebagai penghibur bagi pendengarnya. Pidato yang lucu dan memuat hal-hal menyenangkan akan membuat hati pendengarnya merasa gembira. Dalam sebuah pidato memang berisi hal-hal yang informatif.

Pidato Bahasa Indonesia - Jenis Pidato & Metode Pidato

Pidato biasanya di sampaikan pada acara-acara tertentu. Oleh karena itu, isi dari setiap pidato akan berbeda. Berdasarkan sifat isi pidato, maka jenis pidato dapat dibedakan menjadi:

Pidato pembukaan adalah pidato singkat yang dibawakan atau dibacakan oleh pembaca acara atau MC.
Pidato pengarahan adalah pidato yang dibuat untuk pengarahan pada suatu pertemuan.
Pidato sambutan adalah pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang yang berkepentingan dalam acara tersebut. Biasanya pemberian pidato sambutan akan dibatasi waktunya.
Pidato peresmian adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang ketika akan meresmikan sesuatu.
Pidato laporan. Isi pidato laporan berupa tugas atau kegiatan yang dilaporkan.
Pidato pertanggungjawaban merupakan pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban yang dibacakan oleh seseorang.

Membawakan sebuah pidato bahasa Indonesia ada teknik dan metode tersendiri untuk dibawakan di depan umum. Beberapa metode pidato adalah metode menghapal, metode serta merta, dan metode naskah.

Metode menghapal yaitu membuat suatu rencana pada pidato yang akan dibawakan kemudian Anda menghapalnya dengan detail tentang pidato yang akan disampaikan kepada khalayak umum. Anda akan menghapalkan pidato berdasarkan kata per kata.

Untuk metode serta merta, Anda akan membawakan pidato tanpa persiapan terlebih dahulu. Umumnya, pidato metode serta merta ada karena Anda diminta oleh seseorang dalam suatu acara karena kepentingan yang bersangkutan. Dalam metode serta merta ini, Anda dituntut mengandalkan wawasan dan pengalaman ketika membawakan sebuah pidato.

Metode naskah umumnya digunakan pada pidato-pidato resmi seperti pidato kenegaraan, pidato pengukuhan, ataupun pidato resmi lainnya. Berpidato menggunakan metode naskah berarti pada saat Anda membawakan sebuah pidato, Anda akan menggunakan naskah pidato yang telah dibuat sebelumnya.

Pidato Bahasa Indonesia - Rambu-Rambu Berpidato

Sebuah pidato harus memiliki susunan pidato yang baik, mulai dari pembukaan, pendahuluan, isi, dan penutup. Aturan ini berlaku untuk pidato bahasa Indonesia ataupun pidato bahasa lainnya. Ketika Anda mempersiapkan sebuah pidato dan akan dibawakan di depan umum, yang perlu diperhatikan adalah beberapa hal sebagai berikut:

Pastikan Anda mengetahui tingkat wawasan pendengar pidato secara umum.
Anda harus tahu durasi pidato atau lama waktu yang diberikan oleh penyelenggara acara.
Susunlah dan buatlah kata-kata yang mudah dan mudah dipahami serta dimengerti oleh audience.
Anda harus mengetahui tema acara dan juga jenis pidato yang akan dibawakan.
Selalu persiapkan bahan-bahan dan perlengkapan untuk berpidato. Apakah Anda butuh media yang akan digunakan atau tidak ketika berpidato.

Pidato Bahasa Indonesia - Contoh Teks Pidato

Apakah Anda masih merasa kebingungan dengan cara membuat pidato bahasa Indonesia? Berikut ini merupakan contoh pidato mengenai sambutan pidato acara pernikahan. Simaklah dengan baik.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan yang berbahagia untuk berkumpul bersama dalam acara pernikahan kedua mempelai yang berbahagia (sebutkan nama kedua mempelai). Dalam waktu yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan ini, sudah selayaknya kita mengucapkan beribu rasa terima kasih atas karunia dan nikmat-Nya yang tidak berbatas. Semoga kedua mempelai diberikan kebahagiaan dan dijadikan sebagai keluarga sakinah, mawadah, warahmah... Aamiin ya Robbal’alamiin.

Sholawat serta salam kita panjatkan kepada nabi besar Shallallahu’ Alaihi Wa Sallam. Semoga Nabi Muhammad beserta keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh kaum muslimin yang menjalankan ajaran Islam dengan sempurna diberi keberkahan.

Hadirin sekalian dan kedua mempelai yang berbahagia, menikah bukanlah hal yang mudah. Menikah adalah niatan yang tulus dari kedua insan yang berbeda untuk beribadah kepada Allah Swt. Dengan menikah, akan didapatkan generasi Qur’ani yang berakhlak Islami. Sebuah pernikahan yang sesuai dengan aturan Allah, akan melahirkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan Insya Allah mendapatkan berkah dunia akhirat.

Rasulullah SAW menganjurkan bagi siapapun muslimin dan muslimat dalam hadistnya untuk melakukan pernikahan bagi yang sudah akil baligh dan mampu untuk menikah. Lalu, bagaimana jika yang belum mampu menikah? Rasulullah SAW menyarankan untuk melakukan puasa dan aktivitas yang positif.

Kebahagiaan bagi seorang suami dalam kehidupan pernikahan adalah dianugerahi seorang istri yang sholehah yang mampu menjadi sahabat dan teman dalam kondisi apapun. Seorang istri yang menjadi teman diskusi yang penuh dengan kasih sayang serta perhatian besar pada seorang suami.

Pernikahan yang benar adalah pernikahan yang dilandasi dengan niatan ibadah dan tidak hanya sekadar untuk sarana penyaluran syahwat semata. Pondasi awal sebuah pernikahaan adalah ketaatan seorang istri pada suami yang akan menumbuhkan rasa tentram bagi suami. Tugas seorang suami sungguh berat untuk mengantarkan istri dan keluarganya menuju surga dan terhindar dari api neraka.

Hadirin sekalian dan kedua mempelai yang berbahagia, semoga pernikahan yang penuh keberkahan ini akan mendatangkan kebahagiaan dunia akhirat. Jadilah seorang suami yang takut pada Allah, jadilah seorang istri yang takut pada Allah, dan jalankan fungsi masing-masing sesuai kewajiban dan tugas-tugasnya. Tugas istri seyogyanyalah mencari ridho suami dan menjauhi segala hal yang bisa menyakiti hati suami. Dengan pernikahan, semoga ibadah kedua mempelai semakin taat kepada Allah Azza wa Jalla. Aamiin Ya Robbal’alaamiin.

Barakallahu laka wa baaraaka alaika wa jama’a bainaa kumaa fii khair.
Demikian pidato ini disampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga uraian pidato ini bermanfaat bagi hadirin dan kedua mempelai yang berbahagia. Akhirul kalam, illal liqo maa’sallam.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah sekilas mengenai tips dan info menarik dalam membuat pidato bahasa indonesia



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 20.10 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: