Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli merupakan sebuah proses untuk melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu praktik sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam cabang olah raga, khususnya cabang permainan bola voli. Teknik dasara bola voli dapat dikatakan baik jika dari segi anatomis/fisiologis mekanik dan mental telah terpenuhi secara benar persyaratannya.

teknik-dasar-permainan-bola-voli

Penguasaan teknik pada setiap cabang olahraga sangatlah penting karena memiliki beberapa manfaat berikut ini:

Teknik sangat efektif serta efisien guna meraih prestasi secara maksimal.
Teknik berguna untuk mengurangi, bahkan mencegah, kemungkinan terjadinya cedera.
Teknik berguna untuk menambah variasi gaya atlet saat pertandingan berlangsung.
Dengan penguasaan teknik yang baik, atlet akan lebih mantap, optimis, dan percaya diri, ketika memasuki arena pertandingan.

Berikut ini merupakan beberapa teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola voli:

Teknik Penguasaan Bola Voli

Agar mampu menguasai bola secara sempurna dan maksimal dalam bola voli, setidaknya seorang pemain harus mempunyai beberapa kemampuan. Misalnya, kemampuan melakukanpassing atas dengan baik dan benar. Teknik dasar penguasaan bola tidak boleh diabaikan begitu saja, bahkan harus dilatih sebaik-baiknya. Dengan latihan, setiap pemain akan mampu menguasai teknik penguasaan bola secara baik sehingga dapat bermain bola voli dengan baik.

Passing Bawah

Umumnya, passing bawah dalam bola voli digunakan jika bola dari arah lawan datangnya rendah. Passing bawah digunakan untuk mengoper pada teman satu tim maupun untuk dikembalikan ke lapangan lawan dengan syarat harus melewati bagian atas net.

Passing Atas

Passing atas atau passing tangan atas merupakan cara mengambil maupun mengoper bola dari atas kepala menggunakan jari-jari tangan. Pengambilan bola yang datang dari atas ini dilakukan agak di depan kepala, bukan tepat di atas kepala.

Service Bawah

Service bawah adalah service yang dilakukan menggunakan tangan bawah. Posisi siku harus lurus, tangan diayunkan dari belakang ke depan melalui samping badan, dan salah satu tangan memegang bola. Kemudian, bola dilambungkan dan dipukul. Service bawah biasanya digunakan oleh pemain pemula.

Service Atas

Service atas memiliki beragam variasi. Bola bisa dilambungkan dengan satu maupun dua tangan. Tinggi lambungan bola disesuaikan dengan maksud pukulan serta keinginan pemain. Pada prinsipnya, lambungan bola harus diusahakan setinggi mungkin agar semua rangkaian gerakan memukul menjadi satu gerakan yang tidak terputus-putus.

Service Samping

Service samping dilakukan dengan cara berdiri menyamping, posisi tubuh bagian kiri lebih dekat dengan net (bagi yang tidak kidal), lalu kedua tangan memegang bola secara bersamaan. Ketika bola hendak dilambungkan, badan harus diliukkan ke belakang dengan menekuk lutut. Kedua tangan dijulurkan ke samping kanan.

Saat bola sudah terlepas, tariklah tangan ke arah samping kanan bawah, tumpukan berat badan pada kaki kanan, hadapkan tangan kanan ke atas, pukulan tangan pada bola dibantu dengan liukan badan, lecutkan lengan dan gerakkan pergelangan tangan agar bola yang dipukul dapat melambung tinggi dan keras.

Service Lompat

Service lompat dilakukan dengan cara melambungkan bola menggunakan salah satu atau kedua tangan. Saat bola dilambungkan, ikutilah dengan melompat dan usahakan agar posisi bola berada di bagian atas depan kepala. Saat bola berada di bagian atas depan kepala, pukullah dengan tangan kanan secepatnya.

Smash

Seni permainan bola Voli terletak pada teknik smash atau spike. Teknik smash penting dikuasai jika pemain ingin memenangi pertandingan. Syarat untuk menguasai teknik ini adalah pemain harus lincah, memiliki daya ledak, memiliki timing tepat, serta mampu memukul bola secara sempurna. Setiap pemain bola voli dapat melakukan aneka variasi smash jika teknik dasar smash sudah dikuasai dengan baik dan benar.

Membendung

Teknik membendung dalam bola voli bertujuan untuk menutupi maupun membendung datangnya bola dari arah lawan. Teknik ini dilakukan dengan cara menjulurkan kedua tangan ke arah atas. Posisi tangan kanan harus lebih tinggi dari tepi atau bibir net. Saat melakukanblocking, fokuskan perhatian pada bola, posisi smasher, dan pandangan mata smasher. Oleh sebab itu, diperlukan gerakan melangkah ke samping kiri maupun kanan untuk menyesuaikan datangnya bola dari smasher sehingga dapat melompat setiap saat untuk melakukan blocking.

Itulah penjelasan singkat mengenai sejarah serta teknik dasar dalam permainan olahraga bola voli dan dapatkan info menarik lainnya disini seperti halnya teknik dalam berenang.



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 07.12 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: