Pengertian Dan Manfaat Olahraga

Pengertian Dan Manfaat Olahraga

Info Pengertian Dan Manfaat Olahraga dan jika ingin sehat, kita diwajibkan tidak hanya sekadar mengetahui pengertian olahraga,Manfaat Olahraga Untuk Kita pun harus diketahui. Secara umum, kita bisa menjabarkan manfaat olahraga seperti di bawah ini.
Ditinjau dari segi sosial, kegiatan olahraga dapat menjadi alasan timbulnya interaksi antara manusia dari berbagai latar belakang, berbagai negara, dan berbagai ras. Terlebih kegiatan olahraga yang dilakukan secara berkelompok atau beregu dalam sebuah kompetisi.

pengertian-olahraga-dan%2Bmanfaat-olahraga

Ditinjau dari segi ekonomi, kegiatan olahraga dapat menjadi pengangkat ekonomi seseorang, bahkan juga sebuah negara. Seorang atlet yang sukses bahkan bisa menjadikan kegiatan olahraga yang ditekuninya menjadi sumber penghasilan besar, seperti banyak terjadi pada atlet sepak bola terkenal dunia.

Selain itu, produsen peralatan dan kostum olahraga juga bisa memperoleh keuntungan besar dari olahraga. Bagi sebuah negara, kegiatan olahraga tingkat dunia yang diselenggarakan di negara tersebut bisa mendatangkan devisa yang menjanjikan.

Ditinjau dari segi politik, olahraga dapat mempererat hubungan politik dari beberapa negara dengan diselenggarakannya pertandingan persahatan antarnegara. Misalnya SEA Games, sebuah even olahraga yang diselenggarakan oleh negara-negara di lingkup Asia Tenggara. Fungsinya untuk mempererat hubungan politik negara-negara di wilayah tersebut.

Ada juga Olimpiade, sebuah even olahraga tingkat dunia yang mengedepankan semangat sportivitas antar seluruh negara di dunia, bahkan yang sedang dalam konflik sekalipun.
Pengertian Olahraga dan Kaitannya dengan Manfaat Olahraga bagi Kesehatan

Seperti pengertian olahraga di atas bahwa olahraga adalah aktifitas fisik. Oleh karena itu, manfaatnya bagi kesehatan fisik atau tubuh manusia jelas sangat banyak, di antaranya adalah sebagai berikut.

Menjauhkan dari penyakit. Contoh penyakit yang dapat dihindari dengan kebiasaan olahraga secara teratur adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Juga stroke alias serangan jantung. Dengan berolahraga ringan saja, misalnya jogging atau lari-lari kecil, juga jalan santai, maka peredaran darah dan oksigen di seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

Terhindar dari obesitas atau kegemukan. Kegiatan olahraga yang bersifat fisik terbukti mampu membakar tumpukan kalori atau lemak di bawah kulit. Semakin berkualitas dan teratur olahraga yang dilakukan seseorang, maka lemak akan semakin banyak terbakar dan obesitas atau kegemukan pun makin jauh.

Jauh dari stres. Untuk Anda yang terbiasa dengan rutinitas pekerjaan di ruangan tertutup, maka olahraga bisa jadi solusi untuk menjauhkan diri dari stres akibat pekerjaan. Lakukan olahraga ringan di ruangan terbuka, misal bersepeda atau jogging. Kegiatan ini dapat meredakan stres yang Anda derita.

Manambah tenaga. Percaya atau tidak, olahraga secara teratur akan membuat Anda jadi kuat dan lebih bertenaga. Sistem kardiovaskular atau peredaran darah dalam tubuh akan terlatih untuk bekerja lebih saat Anda sedang melakukan olahraga. Hal ini membuat setiap jaringan sel dalam tubuh memperoleh cukup oksigen dan nutrisi yang diangkut oleh darah sehingga tubuh Anda akan makin kuat dan bertenaga.

Tidur nyenyak. Aktivitas fisik akan membuat Anda merasa lelah. Ini yang memicu seseorang untuk tidur lebih nyenyak dibanding mereka yang jarang melakukan aktivitas fisik. Dengan kualitas tidur yang baik, maka orang akan lebih mampu berkonsentrasi dan mengendalikan emosi.

Libido seksual tinggi. Kualitas hubungan seksual pasangan kadang menurun jika libido seksualnya turun. Dengan olahraga, peredaran darah dan kesehatan makin membaik. Meningkat pula libido seksual seseorang. Ini tentu akan berpengaruh pula pada kebahagiaan.

Menghindarkan dari pembekuan darah. Ini terkait dengan kelancaran sirkulasi aliran darah pada pembuluh darah dalam tubuh manusia. Olahraga fisik akan memacu jantung untuk memompa lebih kuat lagi darah di pembuluh darah. Bahkan juga di beberapa bagian yang berisiko terjadi pembekuan darah, misal di jantung atau otak.

Tulang kuat. Kepadatan tulang orang yang gemar berolahraga ternyata lebih tinggi dari mereka yang tidak suka olahraga. Hal ini menurunkan risiko munculnya penyakit kerapuhan tulang atau osteoporosis di masa tua.

Kulit lebih cantik. Sirkulasi darah yang lancar hingga ke seluruh bagian tubuh, termasuk juga ke pembuluh darah di kulit, akan membuat kulit Anda cantik dan halus. Jerawat pun akan jadi hal yang jarang dialami oleh mereka yang gemar olahraga sebab metabolisme melalui kulit lebih lancar karena keringat yang keluar.

Radikal bebas tidak menumpuk di tubuh. Racun dari asap rokok atau bahan kimia yang tak sengaja termakan melalui makanan kita biasanya akan menumpuk di beberapa bagian tubuh. Namun dengan olahraga yang memicu sistem kardiovaskular dan metabolisme tubuh manusia bekerja lebih keras, maka tumpukan radikal bebas itu akan menipis dan keluar bersamaan dengan aliran darah dan keringat.

Membangun percaya diri. Olahraga ternyata mampu merubah seorang yang memiliki kepercayaan diri rendah, menjadi seorang dengan percaya diri tinggi. Ini terkait dengan perbaikan kualitas kesehatan dan keterampilan tubuh serta kekuatan. Orang yang merasa tubuhnya lebih kuat dan sehat akan lebih bisa mengembangkan potensi yang ia miliki hingga tak lagi minder dan tidak percaya diri. Apalagi jika disertai dengan prestasi dalam bidang olahraga tertentu, maka sudah pasti keprcayaan dirinya akan makin kuat.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Saat terjadi wabah penyakit, semisal flu atau demam berdarah. Daya tahan tubuh yang kuat tidak akan terpengaruh terhadap wabah tersebut. Olahraga lah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang selain juga asupan makanan yang bergizi dan gaya hidup sehat.

Nah, dengan berderet manfaat olahraga yang bisa didapatkan oleh manusia serta pengertian olahraga secara umum  melalui info menarik di atas, diharapkan kebiasaan baik itu dapat kembali menjadi kebiasaan di tengah padatnya kesibukan bekerja mencari nafkah.



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 08.07 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: