Tips Dan Tehnik Renang

Tips Dan Tehnik Renang

Tips dan Teknik Renang untuk melatih seluruh pergerakan tubuh yang tentunya dengan menggunakan tehnik dari macam gaya renang. Memang, untuk berenang dalam sejumlah waktu yang cukup besar, Anda perlu untuk melibatkan semua anggota badan atau Anda berisiko kelelahan paripurna. Akibatnya, semua otot dalam tubuh Anda bakal kecapaian habis selesai berenang, lebih buruk lagi mengalami kram.

Tapi latihan lebih baik lagi jika terbiasa menggunakan beberapa gaya renang secara kosisten. Misalnya, terbiasa gaya dada, sebaiknya tetap gunakan gaya dada, dan tidak campur bilur dengan gaya lainnya. Karena Anda akan mengerahkan otot-otot dalam beberapa cara berbeda untuk satu gaya terkondisikan, bila semua gaya di coba, tidak ada konsistensi yang akan membuat otot membuang gerak percuma. Walau kelebihan dengan mencoba berbagai jenis gerakan itu bakal mempromosikan fleksibilitas sendi.


gaya-renang
Latihan jantung, nah ini dia manfaat kesehatan dari renang. Renang adalah olahraga ketahanan dan sebagai salah satu latihan kardiovaskular terbaik. Dengan latihan renang, Anda telah mengurangi tekanan darah, memperkuat jantung, dan meningkatkan kapasitas aerobik dalam jantung Anda.

Impact langsung selama latihan dalam air. Bila Anda berenang, tubuh Anda didukung oleh air. Air memiliki kerapatan yang jauh lebih besar daripada udara dan ini membatasi kecepatan dimana Anda dapat bergerak di dalam air. Faktor-faktor ini membuat berenang menjadi latihan terbaik yang dapat dipraktekkan ketika bentuk-bentuk lain dari olahraga tidak mungkin.

Coba bayangkan saja, semua olahragawan terbaik, mensyaratkan renang sebagai salah satu bentuk latihannya. Tentara pun bakal di cemplungkan ke dalam air oleh para sersan pelatihnya. Karena bukan sekedar diminta bisa melewati air semeter dua meter, tapi pula melatih fisiknya. Nah inilah info menarik kegunaan lain dari berenang.

• Berenang dapat dilakukan dengan aman oleh orang tua.
• Berenang dapat dipraktekkan selama kehamilan.
• Berenang dapat dilakukan sebagai latihan alternatif bagi para atlet yang cedera.
• Berenang dapat dipraktekkan untuk orang-orang kelebihan berat badan.
• Berenang menguntungkan orang-orang yang diet atau menurunkan tekanan darah tinggi.

Setelah Anda mengetahui manfaat dari olahraga renang, mungkin Anda tertarik untuk mencobanya langsung. Nah, kali ini langsung lompat ke wilayah teknik renang. Anda siap? Siapkan google dan pelampung.

Cari tempat dengan air yang arusnya tenang di mana Anda merasa nyaman seperti kolam renang umum atau danau. Pastikan air tidak terlalu dalam, sekitar tingkat ketiak akan memadai. Jangan nekat ambil bagian dalam karena kalau belum mahir, Anda bisa timbul tenggelam timbul dan akhirnya tenggelam beneran.
Latihan dalam air, cobalah menempatkan wajah Anda di dalam air latihan menahan nafas, meniup gelembung sampai terasa nyaman. Bila sudah siap, lanjutkan ke sisi kolam renang atau tandem dengan seseorang dan memungkinkan kaki Anda untuk mengapung di belakang. Bakalan lebih mudah jika wajah Anda juga di dalam air, tapi pastikan Anda masih bisa bernapas dengan baik. Berlatihlah pernapasan dengan bergantian kepala menyelam menggunakan pemberat, tentu saja menyelamnya pada bagian yang tidak terlalu dalam. Pemberat berguna, tapi pemberat ini tidak memungkinkan Anda untuk mengambil udara. Jadi lebih baik coba jongkok berdiri, bergantingan keluar masuk air.
Jikalah mengangkat kepala, dapat menyebabkan berhenti mengambang. Mulailah menendang ke dalam air, tanpa menekuk lutut. Pastikan bahwa jari-jari kaki menunjuk, seperti kakinya balerina berdiri.
Mulailah bergerak, gunakan pergelangan tangan dan kepalan untuk mendorong tubuh ke depan. Bekam tangan dapat membantu. Jika mengarahkan tangan ke bawah ketika bertolak pergi ke dalam air, Anda akan merasakan pergerakan dengan kecepatan. Gunakan apa pun walaupun tidak merasa nyaman asalkan bisa membuat bergerak di dalam air.
Biarkan kaki melayang ke belakang dan mulai menendang sambil memegang ke dinding. Anda harus benar-benar mengambang sekarang saat bergerak maju. Pikirkan tentang memanjangkan tubuh. Ingin lama di dalam air? Peregangan saja lengan.
Cobalah gaya punggung wala itu pura pura jika Anda merasa lelah, cobalah membiarkan lengan mengapung ke samping tubuh seperti huruf 'T'. Biarkan kaki mengapung di depan dan relaks. Lanjutkan berlatih sampai Anda telah menguasai teknik berenang. Bila sudah siap, cobalah pola renang yang lebih maju seperti gaya kupu-kupu atau gaya dada atau yang sekiranya bisa dijadikan favorit.

Teknik Renang - Berbagai Macam Variasai Gaya Berenang

Biasanya Anda bakal tertarik pada informasi dan tetek-bengek mengenai teknik renang. Dengan gaya ini, setelah Anda telah menjadi mahir dalam gaya berenang asal ngambang dan akhirnya ingin tahu gerakan yang benar dari setiap gaya secara lebih terinci. Gaya ini meliputi:

Gaya Freestyle. Juga dikenal sebagai gaya bebas, ini adalah yang gaya tercepat dan paling hemat energi dari semua gaya berenang. Dengan demikian itu menjadi favorit para perenang pemula atau para penikmat kebugaran.
Gaya Dada. Hal ini sering jadi favorit kompetisi dan merupakan salah satu teknik renang kompetitif diajarkan untuk pemula. Keuntungan dari gaya dada adalah kepala bisa dijauhkan dari air dan artinya pula bisa menghindari masalah pernapasan.
Gaya punggung. Ini adalah satu-satunya berenang versi kompetitif yang menggunakan bagian belakang. Lebih lambat dari gaya kupu-kupu tetapi lebih cepat dari gaya dada, sering diresepkan oleh dokter untuk pasien yang menderita sakit punggung.
Gaya Kupu Kupu. Ini adalah teknik renang yang tercepat dan paling melelahkan dari semua gaya berenang. Namun, berenang dengan teknik renang kupu-kupu lumanyan menyenangkan karena gerakannya tidak seperti gaya lain. Ditambah ketika Anda melakukan gerakan kupu-kala kupu berenang tampak terlihat indah oleh penonton.

Teknik Renang - Tips dalam Teknik Berenang

Selain teknik-teknik berenang di atas, terdapat pula tips yang bisa digunakan dalam berenang. Tips ini membantu Anda yang belum bisa berenang untuk segera menguasai berbagai teknik yang terlah dibahas tadi. Tips dalam berenang, yaitu sebagai berikut.

Sebagian besar kolam renang umum menawarkan pelajaran renang untuk segala usia.
Cobalah berenang sendiri atau berdua untuk jaga jaga sampai Anda merasa sangat nyaman berenang.
Jika Anda gugup masuk ke air, cobalah menempatkan kaki Anda terlebih dahulu dan perlahan-lahan membuat jalan masuk
Gunakan prinsip mengapung, jaket pelampung atau pelampung lengan untuk membantu tetap mengapung jika masih merasa gugup bergerak di air.
Google, penyumbat hidung dan/atau sumbat telinga dapat membuat Anda lebih nyaman.
Ingat Anda selalu dapat menempatkan kaki Anda bawah jika Anda mulai panik.
Kalau gugup pasti sering kebelet buang air kecil. Jika demikian, untuk menjaga kemungkinan terhidrasi, cobalah minuman olahraga yang menggantikan elektrolit.
Pola makan harus di jaga sebelum berenang, makanlah hal-hal yang akan mengganti kembali mineral dalam tubuh Anda misalnya buah buahan.
Jika selama prakteknya ada seseorang yang lebih baik berenangnya, karena mereka lebih tua atau memiliki keahlian yang lebih, jangan sungkan meminta teknik renang dan tips.

Demikianlah pembahasan mengenai teknik-teknik yang terdapat dalam renang juga beberapa tips yang dapat digunakan Anda ketika berenang. Nah.. selamat mempraktikan teknik renang, berserta tipsnya di atas. Jangan lupa aturlah nafas Anda.
Tips Kuasai Teknik Renang Cepat dan Praktis

Berenang merupakan olah raga air yang menjadi dasar dari olah raga air lainnya. Semua cabang olah raga air tak akan bisa dilakukan tanpa kempuan si atletik untuk berenang. Karena olah raga air dilakukan di kolam renang dan menggunakan teknik renang untuk dapat menguasai teknik olah raga air itu sendiri.
Manfaat Penguasaan Teknik renang

Berbagai macam olah raga air yang memerlukan adanya teknik renang adalah :
1) Renang Indah

Merupakan olah raga air yang mutlak memerlukan adanya kemampuan untuk berenang dan menguasai beberapa tekniknya. Renang indah ini biasanya dilakukan secara perorangan maupun kelompok. Penilaian bukan hanya didasarkan pada kemampuan untuk berenang tetapi lebih pada cara berenang dan keindahan gerakan yang dihasilkan para perenang tersebut.
2) Polo Air

Polo air merupakan olah raga yang dilakukan secara beregu dan tempatnya di dalam kolam renang. Polo air ini memerlukan adanya kekompakan tim dan hasilnya nanti juga akan dirasakan secara bersama-sama oleh seluruh anggota tim. Polo air merupakan olah raga air yang dilombakan dalam berbagai olimpiade mulai tingkat daerah, nasional, sampai internasional.
3) Lompat Indah

Lompat indah memerlukan keberanian dan penguasaan teknik renang yang mumpuni. Karena melompat dari ketinggian tertentu dengan gaya yang indah membutuhkan nyali yang kuat. Atlet lompat indah kemudian harus segera berenang menepi agar tidak terkena lompatan dari peserta lain yang langsung menyusul di belakang mereka.
4) Volley Air

Merupakan jenis olah raga yang serupa dengan volley darat tetapi dilakukan di dalam air. Olah raga volley air sekilas mirip dengan polo air tetapi dengan ketentuan yang sedikit berbeda. Volley air dilakukan secara berkelompok dan memerlukan adanya kerjasama tim yang cukup baik agar bisa berhasil sukses mencapai jenjang juara.
5) Menyelam

Menyelam awalnya bukan merupakan satu cabang olah raga. Namun, seiring dengan berkembangnya cabang olah raga dan menyelam menjadi salah satu olah raga penuh tantangan yang cukup banyak diminati. Penyelam bukan hanya mereka yang pandai berenang. Namun, penyelam harus menguasai teknik menyelam dan juga menguasai semua perlengkapan yang dibawanya. Dengan menyelam seseorang akan terlihat jauh lebih muda dan yang pasti jauh lebih berenergi serta sehat.
6) Selancar

Berselancar merupakan olah raga air yang biasanya dilakukan di pantai. Selancar dilakukan dengan cara menaiki papan di dalam ombak yang menggulung di sebuah pantai yang asri. Berselancar merupakan olah raga yang menantang dan tidak semua orang mampu serta bersedia untuk melakukannya.

Namun, berselancar sendiri akan menumbuhkan sensasi yang dapat membuat seseorang menjadi sangat berbahagia. Kuncinya, sebelum belajar berselancar kita harus menguasi teknik renang dalam berbagai cersi asalkan bisa menolong diri sendiri jika papan selancar tak mampu mengikat kita untuk tetap berdiri di sana dan harus tercebur ke laut.
7) Sky Air

Seiring dengan selancar maka sky air juga memerlukan teknik renang yang baik bagi pesertanya. Olah raga air ini mengharuskan peserta menaiki papan sky dan kemudian ditarik menggunakan speed boat. Sky air bisa dilakukan di sungai yang airnya mengalir dengan cukup deras atau di laut seperti halnya selancar. Atlet sky air secara otomatis memerlukan kepandaian berenang karena apabila kaki sudah tak mampu lagi memijak pada papan sky maka kita harus menyelamatkan diri dengan cara berenang ke tepi atau naik ke speed boat yang telah disediakan.
8) Arung Jeram

Arung jeram merupakan olah raga tantangan yang biasa diadakan pada arus sungai deras dan berliku. Arung jeram hanya boleh dilakukan oleh mereka yang memenuhi syarat seperti berat badan tertentu, penguasaan renang, dan kemampuan untuk mengendalikan diri ketika merasa terkejut. Tak jarang arung jeram akan membawa kita menuruni kelokan sungai yang cukup tajam sehingga keinginan untuk menjerit karena ketakutan seakan tak terbendung.
Teknik Renang dan Cara Melakukannya

Sehubungan dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika kita pandai berenang, maka di sini akan dibahas mengenai berbagai teknik renang dan cara melakukannya secara benar dan aman.
• Renang Gaya Katak atau Dada

Renang gaya katak atau gaya dada ini merupakan teknik renang yang biasa diajarkan ketika pertama kali kita berhadapan dengan pelatih. Cara mempelajarinya yaitu dengan mengasah kemampuan untuk mengapung terlebih dahulu. kemudian mulai mempelajari kaki yang dibagi dalam tiga hitungan yaitu membuka, menutup, dan melipat. Ketiga hitungan tersebut akan membuat gerakan kaki kita siap untuk meluncur ke depan.

Setelah menguasai gerakan kaki kemudian mulai mempelajari tangan yang diayunkan ke bawah dan keluar ke atas lagi. Setelah itu menggabungkan gerakan kaki dan tangan. Apabila kita mengambil nafas setelah satu kali gerakan tangan dan dua kali gerakan kaki maka disebut sebagai gaya katak.

Sedangkan apabila kita mengambil nafas setelah satu kali gerakan tangan dan satu kali gerakan kaki maka disebut dengan gaya dada. Dalam perlombaan renang gaya dada dimasukkan dalam salah satu cabang renang yang dilombakan. Baik murni lomba renang gaya dada maupun lomba renang gaya campuran yang bergantian antara gaya dada, bebas, punggung, dan kupu-kupu.
• Renang Gaya Bebas

Teknik renang gaya bebas banyak dipakai sebagai gaya berenang yang terbilang paling mudah dan sering digunakan. Gaya bebas menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah kemudian tangan digerakkan dengan posisi mengayuh. Cara mengambilnafas dengan menengok ke samping kanan dan kiri. gaya bebas ini memiliki kecepatan yang luar biasa apabila diaplikasikan di dalam kolam renang dan bahkan di lautan.

Mempelajari gaya bebas tidaklah mudah. Perlu latihan keras dan rutin agar dapat mengambil nafas dengan baik dan tidak masuk ke dalam telinga. oleh karenanya peran pelatih cukup penting di sini untuk mengontrol gerakan kita agar sesuai dengan instruksi renang yang benar dan aman tersebut.
• Renang Gaya Punggung

Gaya punggung merupakan satu-satunya teknik renang yang membuat badan kita menghadap ke atas sehingga tidak diperlukan cara mengambil nafas. Namun demikian, gaya ini sangat sulit untuk dipelajari. Awal belajar gaya punggung biasanya mata akan terasa sangat pedih dan hidung pun seringkali kemasukan air kolam. Namun, dengan kegigihan untuk terus berlatih maka penguasaan gaya punggung akan segera bisa dinikmati.

Gaya kaki pada renang ini mengarah ke atas dan ke bawah seperti gaya bebas namun dengan posisi terbalik. Sedangkan tangan mengayuh ke belakang seperti dayung untuk kemudian diarahkan lagi ke muka dan lurus kembali.
• Renang Gaya Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu merupakan gaya renang yang memerlukan banyak energi untuk dapat melakukannya. Biasanya hanya perenang pria yang sanggup melakukan gaya kupu-kupu dalam jarak cukup jauh. Teknik renang kupu-kupu ini memiliki kayuhan tangan seperti kupu-kupu terbang. Sedangkan kakinya dilipat ke bawah kemudian dihentakkan ke atas seperti gerakan ikan lumba-lumba. Penguasaan gaya kupu-kupu yang baik akan membantu lengan kita memiliki otot kuat dan kokoh.
Tips Aman Menguasai Teknik Renang

Semua gaya renang yang dipelajari akan membuat diri kita merasa aman ketika berada di air baik di kolam renang maupun di laut dan sungai sekalipun. Namun, saat awal mempelajarinya kadang kala ada banyak kendala sehubungan dengan masuknya air ke hidung, mulut, dan bahkan telinga. Sehingga banyak gangguan dan penyakit yang menghampiri seperti batuk, infeksi telinga, pilek, dan bahkan radang tenggorokan. Berikut tips praktis agar tidak mengalami hal buruk ketika berlatih teknik renang:

• Memakai kaca mata renang.
• Memakai topi renang.
• Memakai penyumbat telinga atau topi renang yang menutupi telinga.
• Tidak tergesa-gesa ketika belajar.
• Tidak gugup dan selalu mawas diri.
• Berolahraga ringan sebelum masuk ke dalam air agar tidak kram.



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 02.17 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: