Mengenal Olahraga Bola Basket

Mengenal Olahraga Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga yang berlangsung di lapangan basket yang memiliki panjang sekitar 26 meter dan lebar 14 meter. Permainan basket ini dimainkan dalam waktu 40 menit dan terbagi dalam empat sesi yang dinamakan quarter. Setiap quarter berdurasi 10 menit. Satu tim basket terdiri atas 5 orang pemain.

Jika setelah 40 menit pertandingan menghasilkan skor yang sama maka, diadakan perpanjangan waktu yang dalam istilah basket dinamakan over time. Skor dalam olah raga basket dihitung dari berapa kali bola dimasukkan ke ring lawan. Ring basket tersebut memiliki ketinggian 2,75 meter dan berdiameter 0,4 meter.
Bola Basket - Membentuk Kekuatan Tubuh

olah-raga-bola-basket

Lalu, bagaimana membuat tubuh kita mampu beradaptasi dengan permainan olah raga basket? Berikut beberapa tips membentuk tubuh dalam olah raga bola basket yang layak Anda coba.

Melatih kelenturan telapak tangan kita. Caranya beragam, salah satunya dengan push up. Dalam gerakan push up pergelangan tangan yang akan menjadi tumpuan kita.

Melatih kekuatan bahu dan seluruh pangkal tangan sampai dengan pergelangan tangan. Hal ini perlu diperhatikan agar tangan kita kuat saat menembakkan bola ke dalam ring. Caranya adalah dengan push up dan sering-sering melakukan latihan menembakkan bola ke dalam ring dari jarak yang jauh.

Melatih kekuatan otot kaki. Meskipun olahraga basket menggunakan tangan, tapi gerakan kaki sangat penting karena kita harus bergerak cepat dalam menyerang, melakukan loncatan yang tinggi saat menembak, atau pun lay-up, serta harus kuat dan bertenaga saat posisi bertahan. Cara sederhana untuk melatih gerakan otot kaki adalah melakukan jogging yang teratur.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena secara tidak langung hal tersebut akan membantu pertumbuhan organ yang ada di dalam tubuh kita, termasuk otot dan tulang tubuh. Tentunya masih banyak lagi gerakan-gerakan yang perlu kita pelajari, seperti bagaimana melatih kekuatan otot saat slam dunk, memblok lawan, dan lain-lainnya. Semua itu bisa kita pelajari dari berbagai macam cara, dan tentu saja dengan sering berlatih basket-info menarik.



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 07.29 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: