Buah Tomat Barmanfaat Untuk Mencegah Stroke

Buah Tomat Barmanfaat Untuk Mencegah Stroke

Buah Tomat selain bermanfaat untuk resep membuat sayur mayur serta buat masakan jadi lezat, namun buah tomat memliki manfaat yang alami, info menarik nya ternyata Buah Tomat Barmanfaat Untuk Mencegah Stroke. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Eastern Finland di Kuopio dengan subjek sekitar 1.000 orang tua memberikan hasil yang baik dari manfaat buah tomat untuk pengobatan strok tersebut.
manfaat-buah-tomat
Perlu diketahui Lycopene adalah zat kimia yang memberi warna merah pada makanan seperti tomat, cabe merah, semangka dan pepaya. Sebagian orang meyakini bahwa tomat adalah sumber terbaik lycopene.Hal ini ditegaskan lagi dari hasil penelitian di laboratorium juga mengindikasikan bahwa lycopene membantu memerangi peradangan dan pembekuan darah, dan mungkin lebih baik dalam proses tersebut dibandingkan antioksidan lain.



Dalam studi tersebut, Karppi dan timnya melibatkan 1.031 orang berusia 46 sampai 55 tahun. Tingkat lycopene, alpha- dan beta-carotene, dan vitamin E serta A setiap relawan diukur. Dalam kurun waktu 12 tahun, tercatat ada 11 kasus stroke di antara 25 persen relawan dengan tingkat lycopene tertinggi, dibandingkan dengan 25 kasus di antara 25 persen relawan dengan tingkat paling rendah.

Namun penelitian lain berpendapat bahwa rendahnya resiko stroke bukan hanya dipengaruhi satu faktor saja yaitu lycopene. Sangat mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi relawan penelitian dengan licopane tinggi yang mengakibatkan resiko stroke lebih rendah.

"Studi seperti ini menarik, tapi memiliki keterbatasan yang signifikan," kata Larry Goldstein, Direktur Duke Stroke Center dan profesor di Duke University Medical Center di Durham, North Carolina.

Ternya hasil penelitian tersebut masih ada kelemahanya yaitu minimnya informasi mengenai pola diet responden secara keseluruhan. Padahal itu dapat dijadikan acuan validitas lycopene  itu sendiri, apakah memang benar berhubungan dengan risiko stroke yang lebih rendah.

Walaupun terjadi sedikit perbedaan pendapat akan validitas penelitian tersebut, Karppi menyatakan, temuan ini mendukung saran pentingnya mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran untuk kesehatan. Hal tersebut pun disepakati oleh Goldstein.

"Temuan ini memang memperkuat saran saat ini agar orang mengkonsumsi makanan yang seimbang dengan baik, melalui buah dan sayuran," kata Goldstein."Jika anda ingin memakan tomat sebagai bagian dari itu, tak apa-apa," kata Goldstein.
Dari pendapat tersebut kemungkinan untuk mencegah stroke kita dapat memanfaatkan tomat sebagai pencegahan karena tidak ada salahnya, dan kesangsian  Goldstein pun hanya mencari faktorlain yang mungkin mempengaruhi hasil penelitian tersebut. kemungkinan besar manfaat tomat untuk mencegak stroke pun bisa dijadikan alternatif hidup sehat.



Share this post :
Posted by 11januari, Published at 18.50 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: