Cara Update Antivirus Avira

Cara Update Antivirus Avira

Banyak antivirus yang diciptakan untuk menangkal serangan virus komputer. Antivirus bisa didapatkan secara gratis maupun membelinya. Mayoritas pengguna komputer memanfaatkan antivirus yang gratis. Begitu banyak info menarik antivirus yang dengan mudah didapatkan dengan gratis. Salah satu antivirus gratis yang bisa diandalkan adalah Avira Antivir. Banyak yang mengetes antivirus Avira dan hasilnya menunjukkan Avira Antivir termasuk antivirus terbaik. Akan tetapi, untuk meng-update antivirus Avira cukup sulit. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan Avira update.

Avira Terbaru.2013.jpg

Salah satu Antivirus gratis terbaik adalah Avira Antivir. Di beberapa test terakhir, Antivir termasuk antivirus terbaik. Tetapi sebagian kesulitan dengan avira update antivirus ini.

Avira merupakan sebuah software Anti Virus buatan Jerman yang banyak digunakan saat ini. Avira AntiVir Personal adalah salah satu produk gratis yang hanya digunakan untuk kalangan pribadi saja, dan tersedia pula produk Avira lainnya. Semua produk Avira tersebut mampu melakukan Update secara otomatis lewat jaringan Internet. Dan kita juga dapat mengatur/ merubah setting Avira dalam melakukan Update otomatis tersebut.
Update Otomatis

Untuk meng-update antivirus Avira atau avira update secara otomatis lewat internet, seharusnya tidak ada masalah. Tinggal klik kanan ikon tray dan pilih menu start update, maka antivirus Avira akan otomatis ter-update. Bisa juga dilakukan dengan cara lain, yaitu melalui tampilan pada halaman utama. Akan tetapi, cara ini mungkin memang agak lama. Jika tidak berjalan, coba langsung menjalankan file preupd.exe di folder instalasi Avira Antivir. untuk lebih jelasnya berikut adalah cara-caranya :

Buka Avira AntiVir Personal.
Setelah jendela Avira tampil, masuk ke menu Extras.
Selanjutnya klik Configuration. Atau tekan tombol F8.
Pada panel sebelah kiri, klik Update.
Setelah menu Update terbuka, lihat kotak "Automatic update all".
Rubah sesuai dengan keinginan kita. Apakah 1 hari, 2 hari, dsb.
Kemudian kilk Apply > OK.

Dengan merubah konfigurasi ini, maka Avira akan melakukan avira update otomatis selama kurun waktu yang kita pilih.
Update Manual

Update secara manual Avira Antivir, baik Antivir Windows Professional, Avira Antivir Premium, Avira Premium Security Suite, dan Avira Antivir Personal - Free Antivirus, versi 7, 8 atau Avira9 dapat di download dari link yang sama, yaitu http:/www.avira.de/en/support/vdf_update.html . Setelah link tersebut dibuka, kemudian pilih Download IVDF (Unicode).

Cara Update Avira Secara Offline (manual) bagi anda pengguna antivirus avira yang tidak mempunyai koneksi internet, meaki tidak bisa avira update secara online, inilah cara mengupdate avira secara manual atau offline :

Download update antivirus avira terlebih dahulu dalam bentuk filenya vdf / vdf_fusebundle.zip.
Update avira - via Softpedia terus klik download kemudian pilih lah External Mirror 4 - VDF update [zip]
buka antivirus avira, klik double icon avira (payung merah) pada tray icon taskbar atau start--all program--avira--AntiVir desktop--Start AntiVir
Pada menu update, pilih manual avira update
Setelah keluar menu explorer,cari file avira update yang tadi di download, biasa nya di directory download dan open / buka.

Mengecek File IVDF

File update yang memiliki tipe ZIP bisa dicek file yang didownload tersebut rusak atau tidak. Untuk mengeceknya, gunakan saja program seperti Winzip, Winrar, 7zip, IZArc, atau program sejenisnya. Setelah itu, buka file yang tersebut. Jika tidak bisa dibuka, ada kemungkinan file tersebut rusak (corrupt). Sementara itu, jika bisa dibuka, gunakan saja menu "Test" untuk mengecek file tersebut. Jika tidak ada eror, file tersebut harusnya dapat digunakan untuk meng-update.

Jika sudah men-download berkali-kali tetapi masih saja tidak bisa dibuka, pastikan download dengan program Download Manager, seperti FlashGet, DAP, GetRight, Internet Download Manager, Free Download Manager, dan program sejenisnya.
Mengenal Incremental VDF Update (IVDF)

Perlu diketahui, bahwa file yang akan anda download untuk avira update Antivirus Avira anda adalah Incremental VDF update (IVDF). IVDF berisi update program dan database Virus. Untuk, Update program merupakan file yang berbentuk atau berekstensi *.dll, sedangkan updatedatabase virus file dengan ekstensi *.vdf. Update Avira Terbaru ini akan mengupdate database Virus di Antivirus Avira kamu, sehingga Avira kamu bisa mengatasi virus-virus berbahaya terbaru.

File update Avira Antivir berukuran sekitar 22 MB. File itu berisi update program dan database Virus. File update virus ini ada empat, yaitu antivir0.vdf, antivir1.vdf, antivir2.vdf dan antivir3.vdf. Berikut ini penjelasan masing-masing file tersebut.

Antivir0.vdf. merupakan database virus utama (basic-vdf) yang disertakan ketika meng-install Avira.

Antivir1.vdf merupakan database virus bulanan dan harus di-update setiap bulan.

Antivir2.vdf merupakan database virus mingguan dan harus di-update setiap minggu.

Antivir3.vdf merupakan database virus harian dan harus di-update setiap hari.

Biasanya, Avira Antivir melakukan update antara 3 sampai 7 kali dalam sehari, bahkan bisa lebih dalam sehari.
Cara avira Update Manual

Setelah file tersebut di download dan dipastikan tidak ada yang eror atau rusak, maka update bisa dilakukan dengan membuka Avira (double klik ikon Avira Antivir atau klik kanan dan pilih menu start antivir. Setelah terbuka, pilih menu Update-Manual Update. Setelah itu, cari file ivdf_fusebundle_nt_en.zip. Lalu, pilih open dan proses update akan berlangsung.

Jika proses gagal, coba untuk restart komputer dulu. Kemudian, ulangi proses update. Jika telah di-restart masih juga gagal, coba Avira Antivir di-install ulang, ada kemungkinan terdapat file yang rusak.

Jika update dengan cara-cara diatas masih saja gagal, maka coba alternatif berikut.

Extract file update diatas (ivdf_fusebundle_nt_en.zip) di folder baru
Buka Run (Start Menu > Run ), tulis services.msc dan tekan enter atau klik OK
Akan ditampilkan window "Services". Dari panel disebelah kanan klik judul kolom "Name" sampai kolom itu urut berdasarkan nama dari A - Z.
Disana ada 2 Services Antivir yang ada, yaitu : AntiVir PersonalEdition Classic Guard dan AntiVir PersonalEdition Classic Scheduler
Klik kanan dan pilih Stop. Jika menunya tidak aktif, maka Klik kanan dan pilih Properties kemudian bagian Startup type pilih Disabled. Dua-duanya lakukan hal yang sama.
Restart Komputer
Setelah itu, copy semua file hasil extract file update di folder instalasi Avira, tumpuk saja file yang lama. Biasanya berlokasi di C:Program FilesAviraAntiVir PersonalEdition Classic
Jika sudah selesai, Kembali jalankan (start) 2 services Antivir diatas (pilih Startup type Automatic kemudian restart komputer.

Demikianlah penjelasan mengenai avira dan avira update yang sudah di sampaikan. Memang saat ini banyak virus - virus yang di buat untuk merusak file - file yang ada di komputer anda, tidak ada salahnya juga jika kita , menggunakan antivirus untuk mencoba melindungi komputer atau laptop kita dengan antivirus yang banyak beredar sekarang ini. Avira adalah salah satu antivirus yang memang sudah dipercaya dapat melindungi komputer dari serangan virus yang banyak beredar sekarang ini. Antivirus avira memang trekenal dapat membersihkan virus - virus yang ada di komputer baik itu virus lokal maupun luar. Dengan mengupdateavira sesering mungkin, mungkin dapat meningkatkan keamanan komputer dari serangan virus - virus saat ini. Biasanya dengan avira update ini, antivirus avira dapat mengupdate secara otomatis sekurang - kurangnya 3 hingga 7 kali dalam seminggu. 

Semoga bermanfaat.



Share this post :
Posted by Unknown, Published at 03.04 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: