Manfaat Download Antivirus Baru

Manfaat Download Antivirus Baru

Ketika komputer kita terjangkit sebuah virus, yang timbul pertama kali adalah sebuah pertanyaan. Mengapa serta bagaimana. Mengapa virus bisa masuk ke dalam komputer kita? Dan bagaimanakah hal itu terjadi?

Jangan bingung, karena virus komputer memang diciptakan untuk merusak program komputer kita. Diibaratkan seperti virus penyakit yang bisa menular dari manusia satu ke manusia lain dengan berbagai jalan, begitu pula virus komputer yang bisa menular dari komputer satu ke komputer yang lain lewat berbagai pintu. Misalkan saja USB, internet, CD, jaringan dan lain sebagainya. USB atau CD tersebut sudah terinfeksi oleh virus terlebih dahulu dan virus tersebut akan masuk ke dalam komputer kita saat USB atau CD tersebut kita buka di komputer. Hal ini terjadi karena di komputer kita tidak terpasang sebuah program antivirus. Atau bisa saja komputer kita sudah terpasang anti virus tetapi virus yang menyerang komputer kita tersebut adalah virus baru yang belum bisa ditanggulangi oleh antivirus yang terinstall di dalam komputer kita.

Antivirus terbaru.jpg

Jika memang komputer kita belum terinstall antivirus, kita bisa menginstall antivirus ke dalam komputer kita. Caranya adalah mendownload terlebih dahulu program antivirus sesuai dengan keinginan kita. Jangan takut untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar saat mendownload antivirus ini karena banyak antivirus yang bisa didapatkan secara gratis.

Namun, jika memang antivirus yang ada di dalam komputer kita tidak bisa menanggulangi virus baru yang menyerang komputer, kita bisa melakukan cara update antivirus yang terinstall di komputer kita. Jika memang antivirus yang ada di komputer kita tersebut sudah sangat ketinggalan, kita bisa melakukan download antivirus baru dan mengganti antivirus yang ada di komputer kita dengan antivirus baru yang sudah kita download tersebut.

Virus Komputer

Komputer layaknya seperti manusia. Komputer dapat ‘sakit’. Komputer pun juga dapat ‘terluka’. Jika sakitnya komputer terkait dengan perangkat keras, mungkin hal tersebut dapat dideteksi. Misalnya keyboard-nya yang rusak, speaker-nya, atau harddisk-nya, asalkan dapat dilihat dengan mata.

Namun, jika rusaknya komputer terkait dengan perangkat lunak, kita akan sulit untuk mendiagnosa. Ada apa dengan komputer ini, mengapa programnya tidak mau jalan, atau mengapa komputer sering hidup mati sendiri.

Virus disini bukan seperti virus yang menyerang manusia. Virus komputer menggerogoti komputer untuk merusak sistemnya. Sehingga beberapa program tidak dapat berjalan, atau file-file yang di dalamnya menjadirusak.

Bilamana komputer telah terjangkit masalah ini maka bisa dipastikan komputer tersebut telah terjangkit sebuah virus. Dan virus tersebut harus segera dibasmi. Jika tidak dapat mengganggu kinerja komputer kita. Dan tak jarang bisa merusak seluruh sistem komputer tanpa terkecuali.

Antivirus Komputer

Banyak antivirus komputer yang ditawarkan dan disediakan oleh provider antivirus di internet. Antivirus tersebut umumnya gratis atau cuma-cuma. Meskipun ada tawaran untuk membeli antivirus yang berbayar. Antivirus berbayar tentunya memiliki perbedaan dengan antivirus versi gratis.

Contoh antivirus di internet yang dapat diunduh secara gratis adalah sebagai berikut.

Avast! info bisa dilihat di http://www.avast.com/.

Antivirus ini bisa didapatkan secara gratis, tetapi juga disediakan versi profesional. Antivirus ini bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi yang digunakan dan salah satu keunggulannya adalah cukup ringan dan cepat dalam hal mendeteksi virus.

BitDefender info bisa dilihat di http://www.bitdefender.com/

Antivirus ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai antivirus terbaik. Fitur-fitur yang diberikan lumayan banyak dan membantu dalam menangkal virus. Saat kita menghubungkan flashdisk ke komputer, secara otomatis antivirus ini akan melakukan scanning dan membersihkan virus yang ada di flashdisk. Antivirus ini bisa dimiliki tetapi mempunyai kekurangan di mana masa berlaku antivirus hanyalah satu tahun setelah itu harus melakukan registrasi dengan pembayaran ulang.

AVG Anti-Virus info bisa dilihat di http://www.avg.com/

Antivirus yang satu ini mungkin adalah yang paling populer di antara yang lain. Memang sangat mudah untuk digunakan dan memberikan perlindungan yang cukup mumpuni. Bisa didapatkan secara gratis atau juga ada versi profesional.

ThreatFire info bisa dilihat di http://www.threatfire.com/

PC Media Anti Virus info bisa dilihat di http://www.pcmav.biz/

Antivirus ini adalah antivirus buatan anak negeri. Sasaran dari antivirus ini adalah untuk melindungi komputer dari virus lokal yang beredar. Virus lokal di sini adalah virus buatan anak dalam negeri yang banyak menginfeksi komputer. Sangat cepat dalam melakukan deteksi virus dan bisa didapatkan dengan gratis saat membeli majalan PC Media.

Kaspersky Antivirus info bisa dilihat di http://www.kaspersky.com/avupdates

Antivirus ini memang memberikan pelayanan yang sangat bagus. Tetapi, bagi pengguna awam, memang antivirus ini lumayan sulit dalam penggunaannya. Karena program penangkal virus yang cukup sensitif, sering terjadi file yang disembunyikan oleh virus, ikut terhapus saat dilakukan scan terhadap virus.

ANSAV info bisa dilihat di http://www.ansav.com/

Sebagai antivirus buatan anak negeri, ANSAV cukup mendapat tempat bagi pengguna komputer di Indonesia. Bisa didapatkan secara cuma-cuma dengan beberapa kondisi yang mengikat.

Symantec Norton AntiVirus info bisa dilihat di http://www.symantec.com/

AVI info bisa dilihat di http://www.infokomputer.com/

McAfee VirusScan info bisa dilihat di http://www.mcafee.com/

Antivirus ini lumayan ringan dan bisa didapatkan saat mengunduh adobe flas player.

Tips Mengurangi Resiko Terkena Virus Komputer

Setidaknya terdapat beberapa tips yang dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi resiko komputer Anda terkena virus komputer. Tips tersebut antara lain sebagai berikut.

Instal antivirus di komputer Anda. Apapun itu baik berbayar atau gratis, komputer Anda wajib dibenamkan di dalamnya sebuah program antivirus. Jangan menunggu komputer Anda terkena virus, baru kemudian menginstal sebuah program antivirus.

Pindai terlebih dahulu apa saja yang masuk di komputer Anda. Baik itu flashdisk, CD, card reader, dan lain sebagainya dengan cara mengaktifkan fungsi autoscan pada antivirus.

Updates antivirus Anda secara berkala. Hal ini berguna untuk pemutakhiran database virus. Data base virus ini digunakan untuk mengenali virus-virus yang ada di dalam komputer.

Pindai seluruh sistem komputer Anda secara berkala. Usahakan satu minggu sekali. Hal ini untuk mencegah virus yang luput dari pantauan kita sehingga ‘kecolongan’ dan mampu ‘berkembang-biak’ serta menyebar di sistem.

Jika kita telah melakukan berbagai point di atas, minimal komputer kita akan aman dari ancaman virus komputer. So, sudahkan komputer Anda dibenamkan sebuah program antivirus? Jika belum, apa yang Anda tunggu? Silahkan download antivirus baru dan install di komputer-info menarik yang semoga bermanfaat..



Share this post :
Posted by Unknown, Published at 03.31 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: