Mengenal Jenis Penyakit Menular

Mengenal Jenis Penyakit Menular

Salah satu jenis penyakit yang harus mendapat sorotan lebih, baik itu dalam pemahaman ataupun penanganannya adalah penyakit menular. Penyakit menular yang dikenal sebagai infeksi adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteria atau parasit. Penyakit ini bukan hanya merugikan Si penderita, namun bisa merugikan orang lain yang berada di sekitarnya.

Penyakit ini bisa menular kepada orang lain dengan berbagai cara, salah satunya adalah kontak langsung dengan Si penderita. Meskipun demikian, bukan berarti Penyakit ini tidak bisa dihindari. Pola hidup dan lingkungan yang sehat dapat menghindarkan Anda dari penyakit menular ini.

jenis penyakit menular.jpg

Orang yang sedang terkena macam penyakit pasti ingin segera sembuh dan bebas dari apa yang membuatnya tidak sehat tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumi obat entah itu berupa cairan yang disuntikan ke dalam tubuh, pil atau tablet yang ditelan, obat oles atau salep dan berbagai macam metode penyembuhan lainnya.

Lalu bagaimanakah cara mendapatkan obat yang tepat agar segera sembuh? Jalan satu satunya tentu kita harus mengenal jenispenyakit menular tersebut. Dari sini kita baru bisa mengetahui jenis obat yang kita tentukan. Dan setelah sembuh kita bisa menjaga diri agar tersebut tidak kambuh lagi. Inilah pentingnya kita mengetahui penyakit yang kita derita.

Jenis Penyakit Menular

Barikut ini ada beberapa contoh dan cara penularannya.

1. Penyakit Kulit

Ini adalah salah satu jenis penyakit menular yang banyak sekali jenisnya dan mudah menular dari satu orang ke orang yang lain. Penularan yang paling umum terjadi adalah melalui kontak langsung atau kita menggunakan barang yang juga dipakai oleh penderita. Terutama baju, handuk dan sebagainya.

2. Batuk dan Flu

Jenis penyakit menular ini juga bermacam-macam. Adapun cara penularan yang sering terjadi adalah melalui virus yang keluar dari hidung atau alat pernafasan dan mulut. Virus penyebab batuk yang keluar ini kemudian menyebar melalui udara dan masuk ke dalam tubuh seseorang sehingga dia akan tertular.

3. Demam Berdarah

Sedangkan untuk penyakit menular yang satu ini cara penularannya adalah melalui sejenis nyamuk yang suka menghisap darah orang terutama anak kecil. Bila nyamuk ini sedang membawa virus dan melakukan gigitan pada seseorang maka orang tersebut bisa terkena demam berdarah.

Demikian pula jika ada nyamuk lain yang juga melakukan gigitan. Darah yang dihisapnya juga mengandung virus dan akan menular pada orang lain yang juga terkena gigitan nyamuk tersebut.

4. Flu Burung

Beberapa waktu yang lalu penyakit menular ini menjadi sumber permasalahan yang cukup mengkhawatirkan di masyarakat. Adapun cara penularannya melalui binatang ternak terutama unggas. Dari unggas ini kemudian virus flu burung bisa menular melalui udara atau daging yang dikonsumsi dengan cara yang tidak benar.

5. Penyakit Mata

Untuk penyakit menular yang satu ini kebanyakan juga ditularkan melalui virus yang menyebar di udara serta tatap mata secara langsung dengan penderita. Jenis dan macamnya juga cukup banyak. Masing-masing perlu penanganan yang berbeda.

6. Penyakit Kelamin

Penyakit menular yang satu ini juga banyak sekali jenisnya. Cara penularan yang paling sering terjadi adalah melalui hubungan badan yang tidak sehat atau sering berganti ganti pasangan. Penyakit yang timbul bukan hanya menyerang organ kelamin saja, namun juga bisa menyerang bagian tubuh yang lain.

Di luar enam contoh penyakit menular di atas tentu masih banyak lagi info menarik yang lainnya. Namun semoga saja info sederhana ini bisa punya manfaat yang cukup besar bagi siapa saja yang ingin mendapatkan kesehatan.



Share this post :
Posted by Unknown, Published at 22.02 and have 0 komentar

Tidak ada komentar: